PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Menelusuri Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Inhu, Aset Lingkungan dengan Spesies Hewan yang Terancam Punah

Menelusuri Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Inhu, Aset Lingkungan dengan Spesies Hewan yang Terancam Punah

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh di Inhu. (foto: riaunesia)

Sabtu, 10 Juni 2017 09:20 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com – Taman Nasional Bukit Tiga Puluh atau dikenal dengan sebutan Bukit Tigapuluh terletak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), perbatasan Provinsi Riau dan Jambi.Kealamian hutan hujan tropis ini menjadi tempat yang nyaman untuk berbagai spesies hewan endemik Sumatera yang terancam punah. Taman nasional ini menempati lahan seluas 143.143 hektar.

Saking luasnya area taman nasional ini, demikian diberitakan okezone.com yang dilansir potretnews.com, konon spesies hewan terancam punah masih bisa ditemui di kawasan taman nasional ini.

Beberapa hewan asli Pulau Sumatera seperti Orangutan Sumatera, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Badak Sumatera, Tapir Asia, beruang madu hingga beberapa jenis burung langka dipercaya masih hidup dan menetap di taman nasional ini.

Ads
Karena masih sangat asri, untuk memasuki kawasan taman nasional ini tidak bisa sembarangan. Bagi traveler yang ingin merasakan jelajah hutan atau sekedar hunting foto flora dan fauna harus mendapatkan izin serta pendampingan dari petugas yang menjaga.

Tapi dijamin keseruan akan meningkat berkali lipat kala berpapasan atau bertemu dengan beberapa hewan penghuni aslinya. Oiya, taman nasional ini juga merupakan tempat tinggal bagi dua suku pedalaman yakni Orang Rimba dan Talang Mamak. ***

Editor:
Farid Mansyur

loading...
Kategori : Pemerintahan, Umum, Inhu, Riau
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww