PotretNews.com Selasa 13 November 2018
Home > Berita > Riau

Jangan Cuma Tahu Borobudur, Riau Juga Punya Candi Muara Takus

Jangan Cuma Tahu Borobudur, Riau Juga Punya Candi Muara Takus

Candi Muara Takus. (foto: www. internet)

Sabtu, 10 Juni 2017 18:28 WIB
KAMPAR, POTRETNEWS.com – Peninggalan bersejarah berupa candi memang banyak terdapat di Pulau Jawa baik candi peninggalan Hindu maupun Budha. Tapi jangan salah, candi bersejarah juga terdapat di Pulau Sumatera, salah satunya di Provinsi Riau.Adalah Candi Muara Takus, salah satu objek wisata bersejarah ini terdapat di Kabupaten Kampar tepatnya di Desa Muara Takus, Kecamatan Koto Kampar 8. Candi ini merupakan candi Budha yang menjadi satu-satunya peninggalan bersejarah dalam bentuk candi yang ada di Riau.

Berdasarkan laman okezone.com yang dilansir potretnews.com, candi ini berada di satu kawasan komplek yang dikelilingi tembok tinggi. Uniknya tembok ini terbuat dari batu putih. Sementara pada area luar terdapat tembok yang terbuat dari tanah dan berwarna coklat alami. Tembok tanah ini mengelilingi kompleks candi sampai ke pinggir Sungai Kampar.

Sementara pada bagian dalam kompleks terdapat beberapa bangunan candi yang disebut Candi Sulung atau Candi Tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka. Meskipun tidak semegah candi-candi di Pulau Jawa, Candi Muara Takus ini memiliki pesonanya sendiri.

Ads
Dari kejauhan terlihat candi ini memiliki warna coklat tanah, sementara bagian sekitarnya dikelilingi pohon yang rimbun, paduan warna alam yang sempurna untuk dijadikan objek fotografi. ***

Editor:
Farid Mansyur



Kategori : Riau, Kampar, Umum
wwwwww