PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Ke Festival Bakar Tongkang? Jangan Lupa Kunjungi Keindahan ke Pulau Ini

Ke Festival Bakar Tongkang? Jangan Lupa Kunjungi Keindahan ke Pulau Ini

Pulau Jemur di Rokan Hilir.

Jum'at, 09 Juni 2017 09:20 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Pulau Jemur merupakan bagian dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Jaraknya hanya sekitar 45 mil dari ibu kota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi.Festival Bakar Tongkang yang menjadi agenda wisata budaya tahunan di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, akan digelar Sabtu-Minggu (10-11/6/2017) besok. Seperti tahun-tahun sebelumnya, event ini hampir dipastikan akan mendatangkan puluhan ribu wisatawan domestik dan mancanegara.

Kementerian Pariwisata sendiri memperkirakan, akan ada 47 ribu wisatawan yang datang untuk mengikuti dan menyaksikan ritual masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi ini. Angka itu, sudah melampaui target kunjungan wisatawan Kabupaten Rokan Hilir, yang pada 2017 ini dipatok di angka 43 ribu wisatawan.

Untuk memanfaatkan kunjungan wisatawan yang membludak, Pemkab Rokan Hilir memaksimal promosi semua potensi wisata yang dimilikinya. Di antaranya kunjungan wisata pantai ke pulau Jemur.

Ads
Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, juga dijadwalkan akan meninjau potensi wisata pulau yang berjarak 45 mil dari Bagansiapiapi ini. Menpar dan Menko Maritim yang akan datang pada Minggu (11/6), dari Pekanbaru akan ke Pulau Jemur terlebih dahulu, sebelum ke Bagansiapiapi.

Sekda Rokan Hilir Surya Arfan mengatakan, untuk memfasilitasi wisatawan yang akan ke Pulau Jemur, akan disiapkan kapal ferry yang tarifnya Rp280 ribu per penumpang sekali pergi-pulang.

"Sekali trip, kapal mampu membawa 80 penumpang. Ini sengaja disiapkan bagi wisatawan yang akan banyak datang untuk menyaksikan Festival Bakar Tongkang," katanya, dilansir potretnews.com dari arah.com.

Pulau Jemur merupakan bagian dari Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Jaraknya hanya sekitar 45 mil dari ibu kota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi. Wisata Pulau jemur ini mengedepankan sensasi keindahan alam yang merupakan zamrud Selat Malaka dengan wisata bahari yang sangat menawan.

Sekda menambahkan, hal ini sebagai salah satu upaya promosi yang dilakukan untuk mengenalkan potensi wisata Pulau Jemur.

Pulau Jemur sebenarnya bagian dari gugusan Kepulauan Aruah. Ada sejumlah pulau lain di kawasan ini yaitu Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil Lainnya.

Pulau Jemur memiliki Pemandangan dan Panorama alam yang indah. Di antaranya bagian pantai berpasir putih, dengan air laut yang bersih. Ombaknya pun tenang, karena tertahan oleh gugusan pulau-pulau lain di sekitarnya. Dengan begitu, perairan pulau cocok buat Kamu yang hobi menyelam atau main kano/ mendayung.

Potensi wisata lain di Pulau Jemur adalah keberadaan satu spesies penyu. Pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur. Di Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata sejarah seperti goa Jepang, menara suar, dan jejak sejarah lainnya. ***

Editor:
Hanafi Adrian

loading...
Kategori : Peristiwa, Umum, Riau, Rohil
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww