PotretNews.com Selasa 13 November 2018
Home > Berita > Umum

Yuk Kenali Nasi Lemak, Hidangan Melayu yang Populer di Riau

Yuk Kenali Nasi Lemak, Hidangan Melayu yang Populer di Riau

Ilustrasi.

Kamis, 08 Juni 2017 11:36 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seporsi nasi lemak tidak akan sulit ditemukan jika Anda tengah berada di Riau, Malaysia atau Brunei. Ya, makanan ini memang merupakan hidangan melayu yang cukup populer.Tapi khusus nasi lemak dari Riau, ada lho ciri khas yang membedakannya. Kenali yuk.

Dilansir dari potretnews.com dari okezone.com yang merangkumd ari berbagai sumber, nasi lemak merupakan suguhan nasi yang dimasak bersama santan dan berbagai bumbu tambahan.

Minyak dari santan kelapa yang keluar selama proses pemasakan membuat nasi seolah terasa berminyak, inilah asal usul kenapa masyarakat banyak menyebutnya sebagai nasi lemak.

Ads
Dalam bahasa Minang, kata lemak berasal dari kata lamak yang mengadung arti gurih berminyak. Rasa gurih ini jelas berasal dari penggunaan santan kelapa yang mengandung lemak nabati.

Selain pengguaan bumbu yang cukup banyak, nasi lemak juga biasa dimasak dengan tambahan daun pandan untuk membuat aromanya semakin sedap. Karena dimasak menggunakan ba nyak bumbu, nasi lemak sudah memiliki rasa gurih yang nikmat meski dimakan tanpa lauk pauk.

Tapi untuk menyempurnakan rasanya, nasi lemak biasa disajikan dengan telur tebus, ikan teri, sambal, tempe, tahu dan berbagai pilihan menu lainnya. Nasi lemak juga kerap disajikan bersama taburan kelapa parut.

Nasi lemak bisa dimakan kapan pun tapi biasanya masyarakat Riau menyantapnya sebagai menu sarapan. Seperti halnya nasi uduk di Jakarta, nasi lemak banyak dijual saat pagi hari. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Umum, Riau
wwwwww