PotretNews.com Sabtu 17 November 2018
Home > Berita > Riau

Wisata Religi di Kampar, Kisah Mesjid Jami’ Airtiris yang Legendaris, Dibangun tanpa Paku pada 1901

Wisata Religi di Kampar, Kisah Mesjid Jami’ Airtiris yang Legendaris, Dibangun tanpa Paku pada 1901

Mesjid Jami’ di Airtiris Kabupaten Kampar. (foto: potretnews.com)

Minggu, 04 Juni 2017 15:51 WIB
KAMPAR, POTRETNEWS.com – Menjelajah mesjid legendaris di Indonesia memang tak akan ada habisnya. Daerah dengan mayoritas penduduk beragama Muslim pasti memiliki mesjid tua yang legendaris.Setiap mesjid juga memiliki keunikan dan ciri khas, Mesjid Jami’ di Riau misalnya yang dibangun tanpa menggunakan paku sama sekali.

Berniat menengok sejarah perkembangan Islam di Provinsi Riau, traveller bisa singgah di masjid Jami’ yang berlokasi di Kabupaten Kampar tepatnya di Pasar Usang, Desa Tanjungberulak, Airtiris, Provinsi Riau. Mesjid yang berdiri kokoh ini konon usianya sudah lebih dari 1 abad, dibangun pada 1901 Masehi.

Suasana mesjid ini sangat bersahaja dengan bagian dalam yang teduh dan sejuk ketika menginjakkan kaki di lantainya. Masyarakat Desa Tanjungberulak sebagian besar memiliki mata pencarian sebagai petani jadi tak heran jika sekeliling masjid dikitari dengan sawah dan ladang.

Ads
Seluruh bangunan mesjid dibangun menggunakan kayu tapi uniknya tidak ada paku yang biasanya dimanfaatkan sebagai perekat antarkayu. Untuk menyatukan satu kayu dengan kayu lainnya digunakan pasak yang juga terbuat dari kayu jadi masjid ini 100 persen tak mengandung besi atau paku.

Meskipun demikian, mesjid ini terlihat berdiri kokoh. Desain arsitektur bangunan ini terinspirasi gaya Melayu dan China dengan atap berbentuk limas.

Ada lagi hal menarik seputar bangunan masjid yang berlokasi di Provinsi Riau ini, sebagaimana diberitakan okezone.com yang dilansir potretnews.com, yakni kayu yang digunakan bukanlah kayu sembarangan karena besar kayu memiliki ukuran tiga pelukan orang dewasa. Mesjid ini sering didatangi wisatawan yang penasaran dengan cerita sejarahnya. Selain itu, bangunan masjid kerap jadi buruan para pecinta fotografi untuk hunting foto. ***?

Editor:
Muh Amin

Kategori : Riau, Kampar, Umum
wwwwww