PotretNews.com Sabtu 17 November 2018

Empat Hektar Lahan Terbakar di Rokan IV Koto Rohul

Empat Hektar Lahan Terbakar di Rokan IV Koto Rohul

Ilustrasi. (foto: internet)

Minggu, 04 Juni 2017 19:26 WIB
PASIRPENGARAIAN, POTRETNEWS.com - Empat hektar lahan di perbukitan Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, terbakar dalam dua hari terakhir.Kapolres Rokan Hulu, AKBP Yusuf Rahmanto mengatakan titik api kebakaran tersebut berhasil dipadamkan. "Alhamdulillah titik kebakaran berhasil diatasi, sekarang kita melakukan penyelidikan di lokasi kebakaran tersebut," kata Yusuf Rahmanto, Ahad (4/6/2017) dilansir dari potretnews.com dari Antara.

Yusuf menuturkan lokasi kebakaran cukup sulit dijangkau melalui jalur darat karena berada di areal perbukitan. Sementara itu, berdasarkan foto-foto yang dilampirkan kepolisian di sekitar lokasi kebakaran terlihat adanya bekas aktivitas pembalakan liar.

Meski begitu, saat proses pemadaman dilakukan, petugas polisi tidak menemukan adanya orang di sekitar titik api. Polisi telah memasang garis polisi di tempat kejadian perkara (TKP) sebagai upaya proses penyelidikan.

Ads
"Sudah dipasangi garis polis, akan kami selidiki penyebab kebakaran," jelasnya.

Keberadaan titik api di Rokan Hulu sebelumnya telah dideteksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru sejak Sabtu sore kemarin (3/6). Titik api tersebut merupakan bagian dari tujuh titik panas yang seluruhnya terpantau menyebar di sejumlah kabupaten di Provinsi Riau.

Lebih jauh, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu mengatakan pihaknya terus meningkatkan pengawasan dan koordinasi dengan TNI serta Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas Karhutla.

"Saat ini cuaca di Rokan Hulu sangat panas. Potensi Karhutla tinggi sehingga kita akan tingkatkan koordinasi dengan Satgas," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Riau sebelumnya resmi memperpanjang status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan hingga November 2017 setelah berakhir pada 30 April lalu.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan sebanyak lima unit helikopter berukuran besar sebagai upaya mengantisipasi dan menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Lima unit helikopter masing-masing jenis MI-171, MI-172, MI-8, dan S-61 saat ini terparkir di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Peristiwa, Umum, Riau, Rohul
wwwwww