PotretNews.com Selasa 16 Oktober 2018
Home > Berita > Riau

Safari Ramadan di Kecamatan Lubukdalam, Bupati Siak Akui Data Masyarakat Miskin Belum Valid

Safari Ramadan di Kecamatan Lubukdalam, Bupati Siak Akui Data Masyarakat Miskin Belum Valid

Bupati Siak H Syamsuar saat memberikan sambutan. (foto : humassekdakab Siak)

Kamis, 01 Juni 2017 18:17 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Rabu kemarin, Bupati Siak H Syamsuar melakukan kegiatan Safari Ramadan. Kali ini, H Syamsuar mengadakannya di Masjid Almuhajirin Kampung Sialangpalas, Kecamatan Lubukdalam, Siak, Riau.

Di acara itu, Bupati Siak uga dengan blak-blakan mengatakan masalah pendataan penduduk miskin harus segera diselesaikan dan dilakukan peninjauan kembali. Karena bantuan terkait masyarkat miskin diharapkan harus tepat sasaran dan harus dilakukan verifikasi data yang ada di setiap kampung, sehingga laporan tersebut bisa sampai ke Kementrian Sosial RI.

"Jadi kesempatan ini harus dimanfaatkan, agar nanti tidak salah mengalokasi bantuan untuk warga miskin. Untuk itu data yang dimasukan memang harus benar. Saya juga meminta kepada camat agar memberikan data yang sesuai, sehingga tidak terjadi dampak yang tidak baik," kata Bupati Siak, Rabu (31/5/2017).

H Syamsuar juga mengaku masih banyak kecamatan belum melakukan musyawarah kampung terkait data penduduk miskin. Padahal hal itu sangat perlu dilakukan agar data yang dibuat memang benar dan tepat sasaran.

Ads
Masih mengenai data kependudukan, H Syamsuar juga meminta kepada dinas terkait agar warga yang tidak terdata harus dicatat, dan melakukan pemeriksaan ulang mulai dari alamat mereka tinggal pertama. Dan, untuk masyarakat yang baru pindah juga harus dilakukan pendataan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Siak juga membahas mengenai penggunaan dana desa. Dalam arahan Menteri, kata dia, dana itu harus bisa diprioritaskan untuk ekonomi masyarakat. Sehingga setiap desa mempunyai keunggulan dengan menggunakan dana tersebut. Ini juga sangat berdampak untuk menggerakan ekonomi masyarakat. Apalagi dengan adanya BUMkam di setiap kampung, yang bisa membangkitkan perekonomian masyarakat hingga maksimal.

"Hal ini lah yang harus menjadi perhatian kita semua. Saya mengharapkan agar peningkatan ekonomi masyarakat bisa terlaksana dengan baik, sehingga setiap Kampung bisa mempunyai produk unggulan yang tentunya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya. ****

wwwwww