PotretNews.com Sabtu 21 Juli 2018
Home > Berita > Siak

Masyarakat Kampung Ini Impikan Jalan, Listrik dan Jaringan Ponsel, Wabup Siak: Tidak Semua Usulan Kewenangan Pemda...

Masyarakat Kampung Ini Impikan Jalan, Listrik dan Jaringan Ponsel, Wabup Siak: Tidak Semua Usulan Kewenangan Pemda...

Wabup Siak H Alfedri saat memberikan sambutan. (foto: istimewa)

Kamis, 01 Juni 2017 02:12 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Kampung Bencahumbai, Kecamatan Sungaimandau, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, kemarin sore disambangi rombongan tim Safari Ramadan Pemkab Siak, yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) H Alfedri.Kedatangan wabup disambut gembira oleh masyarakat setempat. Apalagi ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun 2015 lalu.

Selain mempererat ukuwah islamiah antara sesama umat Muslim, Safari Ramadan ini juga sekaligus untuk meryerap aspirasi masyarakat. Sebagai wakil kepala daerah yang di berikan amanah oleh masyarakat, kata Alfedri, sudah sepantasnya memperbaiki hubungan dan menjalin tali silaturahmi.

Apalagi kata dia, di Pilkada Bupati/Wakil Bupati Siak tahun 2015 lalu di Kampung Bencahumbai ini, dirinya dan Bupati H Syamsuar memperoleh suara terbanyak. Tentunya amanah dan harapan masyarakat yang belum terwujud semisal kebutuhan dasar masyarakat seperti pembanguan jalan poros dari ibu kota kecamatan menuju Kampung Bencahumbai yang panjangnya lebih kurang 20 km belum diperbaiki hingga saat ini.

Ads
Kemudian masalah listrik. Kalau masalah ini kata wabup, Pemerintah Kabupaten Siak sudah menerima surat dari pihak PLN, tahun 2017 ini akan ada 14 kampung yang menjadi prioritas pemda untuk dialiri listrik. Untuk Kecamatan Sungaimandau, akan dialiri listrik di Kampung Olak dan Lubukjering.

Jika untuk di Minas masyarakat Kampung Mandiangin yang telah dialiri listrik, oleh karena itu program PLN yang sudah sama ke pemerintah, dan tahun depan desa yang kan kita prioritaskan untuk Kecamatan Mandau adalah Lubukumbut dulu, tahun 2019 baru semua 14 desa di aliri listrik termasuk Bencahumbai dimasukkan ke dalam 35 ribu megawatt program pemerintah pusat.

"Sementara untuk masalah jalan, kampung ini di kelilingi oleh hutan HPHTI miliki perusahaan Arara Abadi. Tentunya untuk pinjam pakainya harus meminta izin dulu dari Menteri Kehutanan," jelas Wabup Siak, saat mengelar Safari Ramadan di Mesjid At-Tawaf Kecamatan Sungaimandau, Selasa (30/05/2017).

Mengenai jalan tersebut, lanjut wabup, sebenarnya pinjam pakai ini sudah diusulkan semasa Bupati Siak Arwin AS, namun baru mendapat izin prinsip.

"Saat ini, semasa jabatan kita, tiga tahun lalu kita juga telah mengusulkan kembali tentang pinjam pakai jalan ini, alhamdulilah sudah keluar izin depenitipnya. Namu secara keseluruhan progres pembangunan jalan dari Siak ke Sungaimandau ini cukup baik terlihat, jalan sudah hitam semua kok," terang H Alfedri.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengaku tidak semua usulan menjadi kewenangan pemerintah daerah, salah satunya mengenai sinyal Telkom. Untuk itu ia mengarahkan kepada camat daerah setempat agar membuat surat kepada Dinas Infokom Kabupaten Siak, yang akan direkomendasi oleh bupati.

"Kita berharap dalam waktu dekat, sinyal Telkom akan segera terpasang dan masyarakat bias memanfaatkannya dengan baik," imbuhnya.

Masih kata Wabup Siak, dalam mendukung ekonomi kerakyatan masyarakat Kecamatan Sungaimandau secara keseluruhan, melalui bantuan Kementerian Pertanian RI, saat ini sudah di bangun cetak sawah. Dengan itu, pemerintah berharap kecamatan ini dapat menjadi lumbung padi dan menjadi swasembada pangan di daerah Kabupaten Siak.

Di acara Safari Ramadan ini, Wabup Siak juga memberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk 300 orang masyarakat Kecamatan Sungaimandau dari 8000 kartu yang diperoleh Kabupaten Siak. Kartu berobat gratis ini berkerja sama dengan BPJS yang di peruntukkan bagi masyarakat miskin.

Kemudian dalam kesempatan itu, Pemkab Siak melalui bagian kesejahteraan rakyat juga menyerahkan bantuan bagi anak yatim berjumlah 91 orang se-Kecamatan Mandau, serta bantuan satu rol tikar salat dan satu lusin tafsir Alquran. Kemudian, Wabup H Alfedri beserta Pimpinan PT Bank Riaukepri Cabang Siak juga menyerahkan bantuan dana ke 5 mesjid di daerah itu sebesar Rp2 juta.

Dalam acara tersebut, selain Wakil Bupati Siak, Sekda HT Amzah, Asisten I Kabupaten Siak Fauzi Asni, Kabag Humas dan Protokol Wan Saiful Edendi, Camat Sungaimandau Novendra dan sejumlah pimpinan OPD juga hadir. ***

loading...
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww