PotretNews.com Sabtu 17 November 2018
Home > Berita > Riau

Laksamana Mengamuk, Sajian Segar dan Nikmat Buka Puasa dari Riau yang Tak Bikin Ngamuk

<i>Laksamana Mengamuk</i>, Sajian Segar dan Nikmat Buka Puasa dari Riau yang Tak Bikin Ngamuk

Minuman segar laksamana mengamuk khas Riau (foto: instagram)

Kamis, 01 Juni 2017 12:13 WIB
RIAU, POTRETNEWS.com - Membicarakan makanan dan minuman tidak melulu diawali dengan rasanya, nama berbagai kuliner juga banyak yang unik dan bikin penasaran.Di Riau jangan takut jika ditawari laksamana mengamuk, Anda tidak akan terluka karena justru akan ketagihan. Ya, laksamana mengamuk adalah sebutan untuk minuman dingin khas Provinsi Riau.

Laksamana mengamuk sendiri merupakan minuman yang terbuat dari potongan buah kueni yakni buah sejenis mangga yang disajikan dengan campuran santan dan gula. Bagi orang luar Riau pasti penasaran dengan nama minuman ini karena cukup nyentrik.

Tapi masyarakat Riau memiliki cerita sejarahnya sendiri. Dilansir potretnews.com dari okezone.com yang merangkumnya dari berbagai sumber, nama laksamana mengamuk disematkan pada minuman ini karena konon zaman dahulu ada raja yang mengamuk di kebun buah kueni karena marah sang istri diculik oleh juragan tanah pemilik kebun buah kweni.

Ads
Saking marahnya sang raja, dia menyabetkan pedangnya ke pohon kweni hingga jatuhlah banyak buah ke tanah. Puas melampiaskan amarahnya kemudian raja pergi begitu saja. Masyarakat sekitar yang melihat banyak buah kueni berjatuhan lantas memungutinya untuk dimakan.

Karena rasanya yang asam, masyarakat menambahkan santan dan gula agar rasanya semakin enak. Terlepas benar atau tidaknya kisah ini, yang pasti masyarakat Riau masih setia mengolah laksamana mengamuk.

Jika bertandang ke Provinsi Riau, jangan lupa untuk mencicip segarnya laksamana mengamuk. Dilihat dari komposisinya, minuman ini juga tampaknya cocok jadi pilihan menu berbuka puasa. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum
wwwwww