PotretNews.com Senin 15 Oktober 2018
Home > Berita > Siak

Masyarakat Kampung Minas Barat Rasakan Aliran Listrik, Wabup Siak: Ini Merupakan Sejarah Tersendiri

Masyarakat Kampung Minas Barat Rasakan Aliran Listrik, Wabup Siak: Ini Merupakan Sejarah Tersendiri

Gubri Arsyadjuliandi Rachman,Wabup H Alfedri dan GM PT. PLN Wilayah Kepri M Irwan Syahputra menekan tombol sirine sebagai tanda diresmikannya pemakaian Listrik di Kampung Minas Barat. (foto : humas sekdakabsiak)

Kamis, 25 Mei 2017 21:06 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Untuk mewujudkan kebutuhan listrik bagi masyarakat Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pagi tadi meresmikan pemakaian aliran listrik di daerah itu.Wakil Bupati Siak H Alfedri juga ikut mendampingi Gubri. Selain itu, General Manager PT PLN wilayah Kepulauan Riau M Irwan Syahputra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syafrilenti, Camat Minas Zainal Abidin, Manager PT. PLN Rayon Rumbai, Manager Area PT. PLN Anak Pekanbaru, Kepala Kampung serta tokoh masyarakat Minas juga ikut menjadi saksi sejarah pemakaian listrik di daerah tersebut.

GM PT PLN wilayah Kepri M Irwan Syahputra mengatakan, pembangunan infrastruktur jaringan PLN untuk mengaliri listrik di Kampung Minas Barat, pemakaiannya untuk 1300 kepala keluarga. Karena dayanya hanya 20 kilo volt.

Selain itu, untuk mencapai aliran listrik sepanjang 28 Km, perlunya koordinasi atas pemanfaatan lahan secara teknis. Karena, jika dibangun akan melintasi wilayah Chevron. Tetapi jika terealisasi, aliran listrik tersebut tidak terpisah baik dari Rumbai Kota Pekanbaru sampai ke Duri.

Ads
"Upaya yang telah ditempuh saat ini bisa dioperasikan hanya 14 jam. Ini juga bertepatan dengan momen memasuki bulan Ramadan, Insya Allah sebelum HUT Republik Indonesia Agustus mendatang, kita juga akan menyelesaikan insfrastruktur jaringan PLN di 17 Kampung. Untuk itu kita berharap kerjasama ini bisa ditingkatkan, sehingga apa bila ada kendala dapat diselesaian bersama. Hal ini juga dilakukan agar dapat mewujudkan kebutuhan dasar bagi masyatakat dalam menggerakan doda ekonomi," kata M Irwan Syahputra, Kamis (25/5/2017).

Hal senada juga dikatakan oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri, dia menyebut dibangunnya jaringan listrik dari Km 37 hingga Km 41 daerah setempat, merupakan hal yang paling dinanti oleh masyarakat Minas. Walau masih ada 100 kepala keluarga yang belum merasakan penerangan listrik hingga saat ini, dia berharap dengan diresmikannya pemakaian listrik tersebut bisa berlanjut hingga ke daerah kampung yang belum teraliri.

"Semoga hal ini bisa membantu masyarakat Minas, khususnya bagi warga yang belum mendapat pelayanan listrik," ujar Wabup Siak.

Wabup juga mengatakan, jika tidak ada aral melintang di tahun 2017, ada tiga kampung lagi yang akan dibangun jaringan listrik. "Insyaallah Kampung Mandi Angin, Maredan dan Kuala Gasib, akan kita bangun tahun ini," ujarnya.

Kemudian, lanjut Wabup, 14 desa yang belum teraliri jaringan listrik di tahun 2018 mendatang semoga direalisasikan oleh pihak PT PLN. "Hari ini merupakan sejarah tersendiri bagi Kampung Minas Barat atas adanya aliran listrik ini. Dengan masuknya listrik, masyarakat bisa meningkatkan Roda perekonomian. Untuk itu, kita mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak PLN yang telah membantu masyarakat," imbuh H Alfedri.

Sementara Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman juga mengatakan, diresmikannya pemakaian listrik ini bisa memberikan kemajuan pada daerah, terutama kemajuan menjalankan roda perekonomian masyarakat, dan kemajuan pendidikan.

"Untuk itu kedepan, Pemprov Riau bersama dengan pihak PLN juga harus menambah anggaran untuk memenuhi kebutuhan yang paling mendasar, yaitu listrik bagi masyarakat. Sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat bisa dapat secepatnya," kata pria yang akrab di sapa Andi Rahman tersebut. ***

wwwwww