PotretNews.com Selasa 23 Oktober 2018

Warga Pangean Kuansing Kewalahan ”Diserang” Lalat

Warga Pangean Kuansing Kewalahan ”Diserang” Lalat

Ilustrasi.

Selasa, 23 Mei 2017 12:29 WIB
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Warga yang berdomisili di Dusun Penghijauan Desa Pasarbaru, Pangean, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sangat resah dengan serangan lalat.Serangan lalat ini sudah berlangsung sejak lama. Kondisi tersebut jelas membuat masyarakat terganggu.

"Kita lagi makan, lalat hinggap ke piring, masuk ke air minum dan jumlahnya sangat banyak," ujar seorang warga Penghijauan yang enggan disebutkan namanya, Selasa (23/5/2017) pagi. Menurut ibu rumah tangga tersebut, gerombolan lalat berasal dari kandang ayam potong yang terletak di Dusun Penghijauan.

"Ada peternakan ayam potong dan lalat-lalat ini berasal dari kandang tersebut," paparnya, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com. Karena itu, ia berharap ada tindakan tegas dari pemerintah.

Ads
Secara terpisah, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kuansing Ir Maisir akan menurunkan tim untuk meninjau gangguan lalat tersebut. "Nanti akan kita utus tim ke Penghijauan untuk melihat langsung serangan lalat tersebut," ujar Maisir.

Menurut Maisir, memang tak ada aturan tertulis mengenai usaha peternakan ayam potong. Kendati demikian, Maisir meminta pengusaha menjauhkan kandang dari pemukiman. "Pengusaha harus pindahkan kandang ayam. Harus jauh dari pemukiman dan pengusaha harus bermitra dengan masyarakat," ujar Maisir. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Peristiwa, Umum, Kuansing, Riau
wwwwww