PotretNews.com Sabtu 17 November 2018
Home > Berita > Siak

Fantastis! Untuk Ketiga Kalinya Kabupaten Siak Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan & RB

Fantastis! Untuk Ketiga Kalinya Kabupaten Siak Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan & RB

Menpan-RB Asman Abnur, serahkan penghargaan inovasi pelayanan publik kepada Bupati Siak H Syamsuar di Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Sabtu Malam. (istimewa)

Minggu, 21 Mei 2017 03:25 WIB
Sahril Ramadana
JAWATIMUR, POTRETNEWS.com - Berbicara soal inovasi pelayanan publik, Kabupaten Siak Provinsi Riau memang diakui di tingkat Nasional. Terbukti daerah yang dipimpin H Syamsuar ini kembali meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan & RB) RI, karena masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. Bahkan ini ketiga kalinya penghargaan tersebut di raih daerah berjuluk "Negeri Istana" tersebut.Penghargaan tersebut langsung diserahkan Menpan & RB Asman Abnur, kepada Bupati Siak H Syamsuar di Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Sabtu Malam (20/5/2017). Usai menerima penghargaan, H Syamsuar tampak senang dan sangat bersyukur karena penghargaan itu diraih untuk ketiga kalinya dalam katagori berbeda.

"Alhamdulillah, tiga tahun berturut-turut Kabupaten Siak mewakili Provinsi Riau, menerima anugerah Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan & RB," ungkap H Syamsuar.

Dijelaskannya, tahun 2015 lalu Pemkab Siak juga menerima penghargaan mengenai pelayanan publik di bidang System Perizinan Online Tracking System (SPOTS). Sementara untuk tahun 2016, Pemkab Siak meraih penghargaan dalam katagori pelayanan publik dalam bidang respons cepat perbaikan jalan rusak.

Ads
"Bukan hanya itu saja, tahun 2017 ini, kita juga mendapat penghargan inovasi pelayanan publik dalam bidang alarm persalinan yang bertujuan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi," ujar H Syamsuar.

Walau selalu meraih penghargaan, H Syamsuar tak jumawa dan tetap bertekat untuk terus berinovasi dalam melayani masyarakat. Bahkan dia termotivasi, agar pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan. Dan semua harus mudah, murah, cepat dan transparan.

Inovasi pelayanan publik tersebut, diikuti 3.054 daerah se-Indonesia dan mengerucut menjadi top 90. Dari top 90, nantinya akan dipilih menjadi 40 inovasi pelayanan publik. Untuk 40 besar, sesuai rencana akan diumumkan bertepatan dengan hari pelayanan publik sedunia, awal Agustus 2017 mendatang.

Untuk itu H Syamsuar berharap, agar inovasi alarm persalinan Kabupaten Siak masuk nominasi Top 40. Pasalnya secara kasat mata inovasi tersebut memang sederhana, tetapi bertujuan sangat mulia yaitu untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

Inovasi alarm persalinan itu digagas oleh para Bidan yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Kerinci Kanan daerah setempat. Tekhnis kerjanya, ketika alarm persalinan berbunyi, berarti bertanda akan ada ibu yang akan melahirkan.

"Sejatinya, kompetisi inovasi pelayanan publik ini bertujuan agar masyarakat terlayani dengan baik. Inovasi tidak mesti canggih atau mewah, yang penting bertujuan agar pelayanan kepada masyarakat tercapai dengan baik," pungkas pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Siak tersebut.

Saat penyerahankan penghargaan, Menpan & RB didampingi deputi pelayan publik dan Gubernur Jatim. Selain itu, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa, dan bupati/walikota se-Indonesia yang menerima penghargaan juga hadir dalam acara tersebut. ***

Kategori : Siak, Riau, Umum, Peristiwa
wwwwww