PotretNews.com Senin 20 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Meski Kondisi Keuangan ”Pahit”, Wali Kota Dumai dan Wakilnya Siap-siap Naik Lexus atau Harrier

Meski Kondisi Keuangan ”Pahit”, Wali Kota Dumai dan Wakilnya Siap-siap Naik Lexus atau Harrier

Ilustrasi/Salah satu mobil merek Lexus.

Kamis, 18 Mei 2017 09:19 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Meskipun Wali Kota Dumai Zulkifli As pernah mengatakan kondisi keuangan APBD 2017 pahit, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai tetap melaksanakan lelang pengadaan kendaraan dinas jabatan, dengan nilai pagu paket sebesar Rp3,2 miliar melalui LPSE Dumai secara elektronik.Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai Muhammad Nasir saat dikonfirmasi terkait pengadaan tersebut mengatakan, bahwa pengadaan kendaraan dinas jabatan tersebut sudah sesuai prosedur atau proses.

"Itu (pengadaan, red) tidak muncul tiba-tiba dalam APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) 2017. Program (pengadaan, red) yang sudah direncanakan dari awal dan sudah diparipurnakan dan disahkan untuk APBD 2017. Kita (Pemko Dumai, red) tinggal melaksanakan saja," kata dia, Kamis (18/5/2017), dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Dikatakan Nasir, kendaraan dinas yang kemungkinan berjumlah lebih dari lima unit ini diperuntukkan bagi Forkopimda Kota Dumai, wali kota dan wakil wali kota (wawalkot).

Ads
"Untuk muspida ada sekitar 4 atau 5 unit kendaraan merek Toyota jenis Fortuner. Sementara untuk kendaraan jabatan bagi wali kota dan wawalkot, kemungkinan Harrier atau Lexus," bebernya.

Alasan adanya pengadaan mobil jabatan untuk Walikota dan Wawako dikatakan Nasir, karena mobil Walikota sekarang ini sudah lebih dari 5 tahun dan pada pengadaan 2012. Sementara, apakah mobil jabatan akan dilelang, ia tidak bisa menjawab dengan pasti.

"Kemungkinan dilelang kita belum tahu. Yang pasti lelang pengadaan ini bukan untuk wali kota dan wawalkot, tapi untuk Forkopimda Dumai juga," jelasnya.

Dari pantauan GoRiau.com melalui website www.lpse.dumaikota.go.id, muncul nama lelang pengadaan kendaraan dinas jabatan, dengan nilai pagu paket sebesar Rp3,2 miliar. Dimana pengadaan mobil mewah yang diduga merk Lexus atau Harrier ini masih dalam tahapan pengumuman pascakualifikasi di LPSE Dumai.

Pengadaan elektronik lelang ini merupakan pengadaan pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Dumai.

Sementara itu, Pemkot Dumai pada APBD-P 2016 telah melakukan pembelian kendaraan mewah merek Toyota jenis Alphard 2.5 G Hybrid 4x4 dengan harga Rp Rp1.678.000.000.

Rencana awal, Alphard ini digunakan untuk operasional membawa tamu VVIP, seperti menteri, gubernur, DPR RI dan pejabat tinggi lainnya. Mobil ini pun hanya boleh digunakan oleh wali kota, wakil wali kota dan sekda, saat membawa Forkopimda Dumai. Namun, kenyataannya digunakan Wali Kota Dumai untuk kendaraan dinas, juga. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Riau, Dumai, Umum, Pemerintahan
Tour de Siak 2018
wwwwww