PotretNews.com Rabu 23 Januari 2019

Dewan Ingatkan Seluruh Pemangku Kebijakan di Inhil Lakukan Pembinaan Qari/Qariah

Dewan Ingatkan Seluruh Pemangku Kebijakan di Inhil Lakukan Pembinaan Qari/Qariah

Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil Herwanissitas.

Rabu, 17 Mei 2017 08:18 WIB
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Seluruh stakeholder yang terlibat dalam pembinaan qari dan qariah di harapkan betul-betul melakukan pembinaan agar menghasilkan generasi penerus yang berprestasi.Hal itu ditekankan oleh Sekretaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Herwanissitas, Selasa (16/5/2017) kepada awak media.

Hal itu ditekankan oleh Herwanissitas bukan tanpa alasan. Ia menilai, dengan kultur masyarakat yang agamis di Inhil, akan dapat dihasilkan qari dan qariah yang bagus.

"Dan pada MTQ Provinsi Riau tahun lalu, Inhil mencetak sejarah baru sebagai daerah no 2 terbawah. Ini betul-betul memprihatinkan, " katanya.

Dengan Kultur masyarakat yang agamis dan dipimpin oleh seorang Bupati yang selama ini dikenal sebagai sosok religius, maka hasil yang didapat oleh Inhil pada MTQ Riau 2016 lalu merupakan suatu ironi.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Sitas ini mengharapkan jika pembinaan kepada qari dan qariah harus dilakukan secara kontinuitas.

"Mulai dari seleksi desa/kelurahan dan Kecamatan hingga Kabupaten, qari dan qariah yang berprestasi harus selalu dilakukan pembinaan agar mereka siap saat mengikuti iven yang lebih tinggi, "tegasnya.

Sitas mengatakan jangan hanya menjelang ada iven baru peserta disiapkan. Dan dalam proses seleksi, Sitas ingin jangan hanya seremonial yang dibesar-besarkan, meriah acaranya, banyak penonton namun minim peserta.

"Harusnya, keterlibatan peserta yang diperbanyak. Selain itu, saya juga mengingatkan jangan sampai terjadi insiden seperti sebelumnya, dimana persyaratan administrasi peserta MTQ jadi permasalahan. Ini jelas menyiratkan bahwa kita tidak siap, " tegasnya.

Terakhir, Herwanissitas meyakini bahwa merosotnya prestasi Inhil di iven MTQ riau sudah menjadi perhatian dan dilakukan evaluasi oleh pemerintah. Ia berharap, ke depan pembinaan qari dan qariah semakin baik dan bisa menghasilkan generasi berprestasi yang mengharumkan nama daerah. *** 

wwwwww