PotretNews.com Minggu 19 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Daftar Jadi Bakal Calon Gubernur Riau, Bupati Pelalawan Diarak Pendukungnya ke Markas PDI Perjuangan

Rabu, 17 Mei 2017 17:10 WIB
Muhamad Maulana
daftar-jadi-bakal-calon-gubernur-riau-bupati-pelalawan-diarak-pendukungnya-ke-markas-pdi-perjuanganHM Harris (kanan) menyerahkan berkas pendaftaran sebagai Bakal Calon Gubernur Riau Periode 2018-2023.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bupati Pelalawan HM Harris diarak oleh pendukungnya dari berbagai latar belakang, saat mendaftar di Kantor DPD PDI Perjuangan di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru sebagai Bakal Calon Gubernur Riau Periode 2018-2023, Rabu (17/5/2017) pagi.Pantauan potretnews.com, ratusan orang dengan membawa baliho bergambar Harris secara spontanitas datang dari berbagai daerah dan berkumpul di salah satu tempat di Ibu Kota Provinsi Riau.

"Kita hari ini menerima pendaftaran balon (bakal calon) gubernur atas nama M Harris. Sejak dibuka pendaftaran hingga dua pekan ke depan, ini kali pertama adanya balon Gubernur Riau yang mendaftar ke partai kita," kata Ketua DPD PDIP Riau Kordias Pasaribu, di tempat yang sama.

Pada tahap awal ini, kata dia, pihaknya baru menerima sejumlah berkas dari Harris. Nantinya, akan ada wawancara perihal visi dan misi dalam seleksi bakal calon gubernur (cagub) di Bumi Lancang Kuning, Riau.

Ads
"Ini baru penjaringan tahap awal. Nantinya akan ada proses lanjutan, seperti wawancara. Selain itu, segala berkas juga akan kembal direvisi, mana yang kurang harus dilengkapi," sebut Kordias yang baru saja diumumkan sebagai Wakil Ketua DPRD Riau menggantikan sahabatnya Manahara Manurung.

Kordias mengatakan DPD PDIP Riau masih membuka pendaftaran hingga dua pekan ke depan. Setelah itu, penjaringan akan ditutup. "Walau kita tutup penjaringan dua pekan lagi, masih ada kesempatan lainnya, yakni langsung mencalonkan lewat DPP PDI Perjuangan," kata Kordias.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/17052017/potretnewscom_bceel_899.jpg
HM Harris mengisi berkas pendaftaran sebagai Bakal Calon Gubernur Riau Periode 2018-2023 di markas PDI Perjuangan Provinsi Riau, Rabu (17/5/2017).

Meski Harris kader Golkar, Kordias menegaskan PDIP tetap membuka diri bagi siapa pun yang mendaftar untuk pencalonan.

"Kita terbuka saja dalam penjaringan ini. Sekalipun Harris bukan kader kita, sepanjang misi dan visnya sama dengan kita, hal itu tidak menjadi masalah. Baik kader kita sendiri atau kader partai lain, tidak menjadi persoalan bagi kita sepanjang visi dan misinya jelas," tutur Kordias.

Terkait dengan Pilgub Riau, menurut Kordias, PDIP harus berkoalisi dengan partai lain. Sebab, syarat pencalonan dari partai harus memperoleh suara 20 persen. "Kita di DPRD Riau hanya 9 kursi. Itu artinya untuk pencalonan harus mencari 3 kursi lagi. Di sinilah nantinya kita akan melakukan koalisi partai," imbuhnya.

M Harris merupakan pria kelahiran Langgam, Pelalawan pada 2 Februari 1950, dan pernah menjabat Ketua Asosiasi DPRD se-Indonesia (Adkasi). Harris saat ini menjabat Bupati Pelalawan untuk kedua kali. Sebelumnya Harris juga menjabat Ketua DPD Golkar Pelalawan selama tiga periode, Ketua DPRD dan sempat pula menjabat wakil bupati. ***

Tour de Siak 2018
wwwwww