PotretNews.com Minggu 19 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Aparat dan Overkapasitas Rutan Sialangbungkuk Jadi Sorotan Komisi III

Aparat dan Overkapasitas Rutan Sialangbungkuk Jadi Sorotan Komisi III

Rombongan Komisi III DPR RI saat mengunjungi Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru.

Selasa, 16 Mei 2017 13:31 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Ketua Tim Rombongan Komisi III DPR RI H Muhammad Nasir Jamil menilai kaburnya 448 narapidana (Napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Sialangbungkuk Pekanbaru merupakan kejadian luar biasa yang baru terjadi pertama kali di Indonesia, bahkan bisa jadi pertama di dunia."Ini kejadian pertama kali di Indonesia dan ada yang bilang pertama di dunia," kata Muhammad Nasir Jamil di Pekanbaru, Riau, Selasa (16/5/2017). Dia menegaskan pihaknya segera memberikan rekomendasi kepada kementerian terkait untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi di rutan-rutan lainnya.

"Akan kita rekomendasikan kepada kementerian bagaimana cara mengantisipasi agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi di lapas-lapas lain. Termasuk juga soal overkapasitas," sebut Nasir Jamil, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Menurut dia, kondisi rutan yang overkapasitas membuat napi bisa menjadi depresi karena merasa tidak punya masa depan dan kelayakan hidup. Sehingga hal itu membuat napi mudah terprovokasi dengan membuat kerusuhan.

Ads
"Jumlah penghuni dan penjaga juga tidak sebanding. Ini juga terjadi hampir di semua lapas. Ini akan menjadi usulan dan masukan yang akan kami sampaikan," tandasnya.****

Editor:
Farid Mansyur

Tour de Siak 2018
wwwwww