Home > Berita > Umum

Kesejahteraan Petani Riau Alami Penurunan

Kesejahteraan Petani Riau Alami Penurunan

Ilustrasi.

Senin, 15 Mei 2017 15:02 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Nilai Tukar Petani (NTP) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau menunjukkan tingkat kesejahteraan petani mengalami penurunan. Pada bulan April 2017 terjadi penurunan NTP sebesar 0,38 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Kepala BPS Provinsi Riau, Aden Gultom, Senin (15/5/2017) mengatakan, NTP Riau pada bulan April 2017 sebanyak 103,10. Namun mengingat jumlahnya di atas 100 maka penghasilan petani masih menunjukkan surplus. Kondisi tersebut dinilai masih lebih baik dibandingkan daerah lain di Sumatera.

”Penyumbang surplus terbesar pembentuk NTP didominasi subsektor perikanan dengan NTP sebesar 116 yang disusul oleh subsektor tanaman perkebunan rakyat dan subsektor tanaman pangan dengan masing-masing NTP sebesar 104,94 dan sebesar 103,52,” ujar Aden seperti dilansir potretnews.com dari RRI via suaramerdeka.com.

Ia mengatakan, dari analisis yang dilakukan oleh BPS, tiga subsektor yang mengalami penurunan penghasilan yakni subsektor tanaman perkebunan rakyat, peternakan dan hortikultura. Sementara kenaikan terjadi pada subsektor tanaman pangan dan perikanan.

Menurutnya, penurunan NTP disebabkan indeks harga yang diterima petani turun sebesar 0,19 persen. Sementara itu indeks harga yang harus dibayar petani naik 0,10 persen yang terjadi pada bulan sebelumnya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Umum, Riau
wwwwww