PotretNews.com Senin 17 Desember 2018
Home > Berita > Riau

BMKG Ingatkan Satgas Karhutla Waspadai Musim Kemarau di Pesisir Riau

BMKG Ingatkan Satgas Karhutla Waspadai Musim Kemarau di Pesisir Riau

Ilustrasi/Musim kemarau.

Senin, 15 Mei 2017 10:33 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru meminta agar satuan tugas kebakaran hutan dan lahan atau Satgas Karhutla Riau, mewaspadai wilayah pesisir menyusul masuknya musim kemarau pada pertengahan Mei 2017."Pada pertengahan hingga akhir Mei, Riau memasuki musim kemarau. Perlu diwaspadai wilayah pesisir Riau yang terdapat lahan gambut," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi kepada Antara di Pekanbaru, Ahad (14/5/2017).

Meski saat ini terjadi peralihan cuaca ke musim kemarau, Slamet mengatakan potensi hujan akan tetap ada, namun intensitasnya akan lebih kecil. Kondisi itu, kata Slamet, bakal terus berlangsung hingga akhir Mei.

Sementara memasuki bulan Juni hingga September, Riau dipastikan masuk musim kemarau yang artinya curah hujan akan sangat sedikit dan potensi kebakaran akan meningkat, terutama wilayah dengan lahan berkontur gambut.

Ads
"Untuk itu, kemarin kita (BMKG) sudah sampaikan analisa ini saat rapat koordinasi penetapan status siaga karhutla," ujarnya, dilansir potretnews.com dari republika.co.id.

Pemerintah Provinsi Riau sebelumnya resmi memperpanjang status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan hingga November 2017 setelah berakhir pada 30 April lalu. Perpanjangan status tersebut merupakan salah satu tindakan pencegahan memasuki bulan kemarau dan el-nino pada pertengahan hingga akhir Mei ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat, sepanjang triwulan pertama 2017 ini, lebih 300 hektar lahan di Riau hangus terbakar. Mayoritas lahan terbakar di wilayah pesisir Riau, dengan Kabupaten Rokan Hilir merupakan wilayah yang mengalami kebakaran cukup luas mencapai lebih dari 100 hektar. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum
wwwwww