Home > Berita > Riau

Wagub Riau Wan Thamrin Hasyim Akan Ikut OKKPD Kemendagri

Wagub Riau Wan Thamrin Hasyim Akan Ikut OKKPD Kemendagri

Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla, Mendagri Tjahjo Kumolo dan lima gubernur serta enam wakil gubernur mengikuti proses kirab menuju Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Sabtu, 13 Mei 2017 08:26 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kementerian Dalam Negeri akan menyelenggarakan orientasi kepemimpinan penyelenggaraan pemerintah daerah (OKKPD) bagi kepala daerah terpilih dalam pilkada serentak guna mensikronisasi program pusat dan daerah. Mendagri Tjahjo mengatakan, program OKKPD ini merupakan upaya pemerintah pusat untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada kepala daerah baru ini, termasuk Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Mereka harus paham bagaimana mengelola pemerintahan secara baik dan benar.

“Kami ingin untuk menyamakan visi persepsi sebuah sistem pemerintahan nasional presidensial, kemudian membangun tata kelola pemerintahan efisien dan memperkuat otonomi daerah,” kata Tjahjo sebelum pelantikan, Jumat (12/5/2017).

Para kepala daerah terpilih yang baru ini, kata dia memiliki latar belakang yang berbeda-beda, tak semuanya dari kalangan birokrat. Untuk itu, diperlukan penyamaan persepsi tentang upaya membangun pemerintahan efektif dan efisien.

Dia menambahkan, selain OKPPD dari Kemendagri, para kepala daerah itu juga akan mendapatkan orientasi dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan kementerian/lembaga terkait. Maksudnya agar pola pikir mereka lebih komprehensif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikatakan juga akan melangsungkan pertemuan dengan para gubernur ini secara rutin di Jakarta. Hal ini diperlukan untuk memastikan kembali berjalannya program pemerintahan pusat bersinergi di daerah.

“Kepala daerah itu kan punya janji politik selama kampanye. Makanya harus direalisasikan, tapi tetap harus sinkron dengan pusat,” kata Tjahjo, seperti dikutip potretnews.com dari laman kemendagri.go.id.

Pemerintah kemarin, Jumat (12/5/2017) mengkukuhkan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2017. Mendagri Tjahjo Kumolo juga mengucapkan selamat bertugas kepada para gubernur dan wakil gubernur definitif tersebut.

"Pertama atas nama pemerintah mengucapkan selamat bertugas dan jaga amanah aspirasi masyarakatnya di daerah," kata Tjahjo sebelum pelantikan.

Dia menambahkan, kepala daerah yang resmi dilantik nantinya harus segera melakukan koordinasi dengan jajaran DPRD, forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah) dan seluruh elemen masyarakat guna menjaga stabilitas daerah. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

wwwwww