PotretNews.com Jum'at 21 September 2018
Home > Berita > Umum

Kegiatan Studi Banding ASN Disorot, Menpan & RB Asman Abnur: Yang Dibawa Oleh-oleh Doang

Kegiatan Studi Banding ASN Disorot, Menpan & RB Asman Abnur: Yang Dibawa Oleh-oleh <i>Doang</i>

Ilustrasi.

Kamis, 11 Mei 2017 07:17 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyoroti kegiatan studi banding yang kerap dilakukan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipill (PNS).Ia menilai, banyak ASN yang tidak mendapatkan manfaat atau ilmu apapun dari kegiatan studi banding ke luar kota.

"Hasil studi bandingnya apa? Enggak ada, enggak jelas. Yang dibawa oleh- oleh doang. Oleh-olehnya ada, hasilnya enggak ada," kata Asman, saat memberikan pengarahan dalam Rakornas Badan Kepegawaian Negara 2017, di Jakarta, Rabu (10/4/2017).

Asman mengatakan, kegiatan studi banding yang tidak efektif ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pemborosan anggaran.

Ads
Asman menyebutkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mubazir hingga Rp 392,87 triliun per tahun karena birokrasi yang tidak efektif. "Kalau Ini diperbaiki jadi terobosan luar biasa," ujar Asman, dilansir potretnews.com dari kompas.com.

Dia mengingatkan, dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo terus mengingatkan agar menghentikan pemborosan anggaran. Oleh karena itu, ia berharap setiap kementerian dan lembaga baik di pusat dan daerah bisa mengurangi kegiatan studi banding yang tidak efektif.

"Tolong programnya fokus. Jangan program mubazir yang selama ini tidak ada hasilnya. Harus money follow programs. Antara program dan kegiatan nyambung," ujar Asman. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Umum, Pemerintahan
Tour de Siak 2018
wwwwww