PotretNews.com Jum'at 17 Agustus 2018

Pelantikan Wakil Gubernur Riau Berbarengan dengan Bangka Belitung dan Papua Barat

Pelantikan Wakil Gubernur Riau Berbarengan dengan Bangka Belitung dan Papua Barat

Ilustrasi/Prosesi memasuki Istana Negara dalam rangka pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Rabu, 10 Mei 2017 12:08 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, akan ada lima gubernur hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017 yang dilantik pada hari Jumat (12/5/2017) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta."Jumat sore, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Papua Barat, termasuk wakil gubernur Riau yang kosong," kata Tjahjo di kantornya, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Lima gubernur itu dilantik terlebih dahulu karena akhir masa jabatan (AMJ) telah habis dengan waktunya yang bervariasi. Antara lain, Gubernur Banten habis pada 11 Januari 2017, Gubernur Gorontalo pada 16 Januari 2017, Gubernur Papua Barat pada 17 Januari 2017.

Selain itu, Gubernur Sulawesi Barat pada 14 Desember 2016, kemudian Gubernur Bangka Belitung habis pada 7 Mei 2017. "Jadi tahap pertama ini memang yang sudah habis masa jabatannya (sampai Mei ini)," ucap politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut, dilansir potretnews.com dari kompas.com.

Ads
Tak hanya lima gubernur itu saja. Nantinya, pemerintah yang diwakili oleh Mendagri juga akan melantik bupati/wali kota terpilih pilkada serentak 2017 di ibu kota provinsi masing-masing. Antara lain, Kota Salatiga, Kabapaten Banjarnegara, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Lembata.

Pelantikan bupati/wali kota tersebut akan disesuaikan dengan AMJ masing-masing daerah. "Untuk bupati/wali kota pelantikan dilaksanakan seusai pelantikan gubernur/wakil gubernur. Sama serentak tapi mundur di tanggal 22 Mei 2017," ujar dia. ***

Editor:
Muh Amin

loading...
Tour de Siak 2018
wwwwww