PotretNews.com Sabtu 22 September 2018
Home > Berita > Riau

Jokowi Akan Lantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau di Istana Negara Jumat Lusa

Jokowi Akan Lantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau di Istana Negara Jumat Lusa

Wan Thamrin Hasyim.

Rabu, 10 Mei 2017 11:17 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo, lusa (Jumat, 12/5/2017) diagendakan melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau. Mantan Bupati Rokan Hilir itu akan menjalani sisa masa jabatan 2013-2018."Dilantik tanggal 12 Mei ini di Istana Negara," kata Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Rabu (10/5/2017), dikutip potretnews.com dari GoRiau.com.

Drama pemilihan wakil gubernur Riau, berakhir sudah. Sempat draw dengan suara sama-sama 31 di putaran pertama, Wan Thamrin Hasyim akhirnya memperoleh suara terbanyak, mengalahkan Ruspan Aman pada pemilihan kedua di DPRD Riau, Selasa (25/4/2017).

Melihat kemenangan Wan Thamrin, akhirnya ”cinta” Gubernur Andi Rachman, demikian Arsyadjuliandi akrab disapa, tidak bertepuk sebelah tangan. Karena selama ini Andi memang mengidam-idamkan Wan Thamrin sebagai wakil gubernur.

Ads
Wan Thamrin yang juga pernah menjabat Kepala Dinas Pertambangan Riau berhasil merebut 40 suara dari 63 suara yang yang digunakan. Sedangkan, Ruspan Aman yang saat ini menjabat Ketua Harian DPD I Partai Golkar Riau hanya memperoleh 23 suara.

Setelah ditunda kurang lebih 2,5 jam, masyarakat pun terheyak melihat skor yang diperoleh Wan Thamrin pada putaran kedua. Sebab, Wan Thamrin dan Ruspan Aman sempat imbang dengan masing-masing skor 31 suara pada putaran pertama.

Sebelumnya mereka berdua imbang karena hanya ada 62 anggota dewan yang menyalurkan suara. Dari 65 Anggota DPRD Riau, tercatat tiga nama yang tidak menggunakan hak suaranya pada pemilihan Wakil Gubernur Riau.

Ketiga nama tersebut, di antaranya Siswaja Muljadi alias Aseng dari Fraksi Gerindra, Rosfian dari Fraksi PKB dan Tengger Sinaga dari Fraksi PDI Perjuangan.

Siswaja Mujadi tak bisa menggunakan hak suaranya karena tersandung kasus hukum, Rosfian meninggal dunia. Sedangkan Tengger Sinaga pada pemilihan pertama tidak hadir, namun pada putaran kedua dia datang dan menggunakan hak pilih. ***

Editor:
Farid Mansyur

Tour de Siak 2018
wwwwww