Home > Berita > Riau

SiPatin Milik Diskominfo Inhu Mulai Jadi Rujukan

<i>SiPatin</i> Milik Diskominfo Inhu Mulai Jadi Rujukan

Ilustrasi.

Rabu, 10 Mei 2017 09:52 WIB
Budiman
RENGAT, POTRETNEWS.com - Rombongan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis kembali kunjungi PPID Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dalam rangka diskusi sekaligus studi banding mengenai Sistem Administrasi PPID setempat pada Selasa (9/Mei/2017) di Gedung Radio Televisi dan Balai Wartawan Jl Batu Canai Pematangreba. Terlihat hadir dari Diskominfotik Bengkalis yang juga sebagai pengelola PPID Kabupaten Bengkalis adalah Nikmatulllah sebagai kabid bidang pengelolaan dan pelayanan informasi publik, Drs Saiful Bahri (kabid statistik, dan Zulkifli ST (kasi pengelolaan informasi publik).

Kunjungan PPID Bengkalis diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Inhu Provinsi Riau HR Marwan Indra Saputra yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Roma Doris SS MPS MEng yang merupakan Pelaksana Harian PPID Utama Inhudidampingi Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik Usnawawi dan beberapa staf PPID.

Dalam pertemuan itu Roma Doris mengemukakan, PPIM Kabupaten Indragiri Hulu berposisi sebagai meja depan pelayanan informasi dengan konsep sentralistik dan selalu berinisiatif dalam pengelolaan baik secara tata kelola administratif maupun pengelolaan sistem layanan aplikasi yang menjadi tugas pokok dan fungsi Diskominfo Inhu.

Kunjungan Pihak PPID Bengkalis ke PPID Inhu merupakan kali kedua setelah sebelumnya juga pernah mengunjungi PPID Inhu pada tahun 2014 yang kala itu masih di bawah naungan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo).

Hal yang berbeda dari kunjungan kali ini, PPID Bengkalis berdiskusi lebih jauh mengenai pengelolaan administrasi pelayanan informasi di PPID baik melalui formulir maupun melalui website SiPatin (Sistem Pelayanan Terpadu Informasi).

Sistem Pelayanan Terpadu Informasi (SiPatin) merupakan sistem yang dirancang dan dikembangkan oleh Diskominfo Inhu untuk pengelolaan permintaan informasi publik untuk masyarakat Indragiri Hulu. Dengan adanya SiPatin ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat Inhu dalam meminta dan mengetahui informasi publik.

Di akhir diskusi Kabid Statistik Drs Saiful Bahri mengatakan bahwa kunjungan ini lebih memperkaya informasi mengenai pengelolaan PPID di Bengkalis selanjutnya. ”Semoga informasi yang kami dapatkan dapat kami bawa untuk pengembangan mekanisme dan administrasi,” ujarnya. ***

Kategori : Riau, Inhu, Umum, Pemerintahan
wwwwww