PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018
Home > Berita > Siak

Oalah! Di Kabupaten Siak Masih Ada Aktivitas Galian C Tak Berizin

Oalah! Di Kabupaten Siak Masih Ada Aktivitas Galian C Tak Berizin

Penambangan liar tanah timbun di daerah Kampung/Kecamatan Dayun, Siak, Riau. (foto: potretnews.com/sahril ramadana)

Selasa, 09 Mei 2017 23:39 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Aktivitas penambangan liar tanah timbun (galian C, red) yang terletak di Kampung/Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, diduga belum mengantongi izin dan sangat meresahkan warga sekitar. Karena, selain banyaknya truk terparkir di bahu jalan lintas Siak-Dayun yang menggangu aktifitas warga, ceceran tanah kuning hasil galian C juga bertabur di sepanjang jalan.

Meski tidak mengantongi izin, pemerintah daerah setempat juga engan menindaknya. Padahal retrebusinya dapat menjadi pendapatan asli daerah (PAD). "Mana pernah kami ngurus-ngurus izin. lagian gak ada larangan juga kan," kata pengawas lapangan galian C itu, sebut saja namanya Agus, belum lama ini.

Bahkan katanya, selama beraktivitas tidak ada yang merasa dirugikan. "Kalau kami gali ini juga tidak ada masyarakat yang rugi. Dari pada kami mencuri, merampok dan korupsi, kan lebih gawat," terangnya.

Ads
Terpisah, warga Kampung Dayun Sembiring mengatakan, pemerintah daerah seharusnya memberikan teguran kepada pengusahaan galian C tersebut, apalagi pekerja juga tidak memiliki safety, padahal itu sangat berbahaya.

"Selama ini memang saya belum pernah melihat ada pihak dinas terkait datang kesitu dan memberikan teguran. Jadi pengusaha galian itu santai-santai saja," imbuhnya, sambil tersenyum.

Sementara itu, Kasatpol PP Siak Hadi Sanjoyo mengatakan, mulai tahun 2017 pemberian izin bagi pengusaha galian C bukan menjadi wewenang pemerintah daerah, melainkan sudah menjadi tanggungjawab pemprov.

"Itu bukan wewenang kita, itu sudah menjadi tanggungjawab pemprov. Aturan itu diberlakukan sejak OPD tahun 2017," ujarnya, menjawab potretnews.com dan awak media lainnya via telepon, Selasa (9/5/2017). ***

Kategori : Siak, Riau, Umum, Peristiwa, Hukrim
Tour de Siak 2018
wwwwww