Home > Berita > Riau

Pemkab Siak Siapkan Beasiswa ke Arab Saudi bagi Siswanya yang Berprestasi dan Hafal Alquran

Pemkab Siak Siapkan Beasiswa ke Arab Saudi bagi Siswanya yang Berprestasi dan Hafal Alquran

Wabup Siak H Alfedri saat mengwisudakan para murid. (foto: humas setdakab siak)

Minggu, 07 Mei 2017 13:07 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Madrasah Ibtidaiyah (MI) As Sidiqiyah Kabupaten Siak, Provinsi Riau melaksanakan Wisuda Tahfidz Juz 30, Sabtu (6/5/2017). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri, Camat Siak Aditya CA, Kakan Kemenag Kabupaten Siak Muharom, Kadis Dikbud Siak Kadri Yafis, Pengawas Madrasah Ibtidaiyah, Kepala Sekolah, Ketua dan Pengurus Yayasan As Sidiqiyah.

Wisuda itu disambut gembira para wali murid dan tamu undangan, terlihat dari padatnya ruangan aula MI, karena mereka ingin menyaksikan katam juz 30 angkatan pertama tersebut. Sejak awal memang sudah kelihatan, ketika pelajar kelas 2 sampai kelas 5 itu memakai seragam toga untuk diwisuda, gemuruh suara para wali murid dan temu undangan sangat riuh di dalam aula.

Menurut Kepala MI As Sidiqiyah Siak Idris, peringatan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, akan mewisuda 45 orang anak yang telah selesai atau khatam hafalan Alquran Juz 30.

Dijelaskan Idris, sebelumnya mereka telah melewati serangkaian Ujian Munaqasah Tahfiz, yang diuji oleh guru pembimbing hafalannya. Ujian tersebut berlangsung pada tanggal 23 Maret sampai 4 Mei 2017, yang terdiri dari 8 gelombang.

"Memasuki usia yang ke-5 ini, perkembangan MI mulai kian muncul, dengan jumlah siswa yang awalnya dari 55 murid, dan saat ini sudah berjumlah 504 murid. Bahkan, MI As Sidiqiyah sudah memiliki kelas jauh yang ada di Kecamatan Mempura dengan jumlah murid sebanyak 47 orang," ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati (Wabup) Siak H Alfedri dalam mengatakan, Pemerintah Kabupaten Siak selalu komit untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak. Sesuai dengan salah satu misi pembangunan Kabupaten Siak adalah mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, berakhlak, beriman dan bertaqwa serta berbudaya Melayu.

Oleh karena itu kata H Alfedri, usai umrah, Bupati Siak H Syamsuar singgah ke Universitas King Abdul Azis di Jedah Arab Saudi, dalam rangka menjalin kerja sama. Artinya, jika ada putra-putri Siak yang berprestasi dan hafal Quran, insya Allah bisa belajar atau kuliah di sana melalui program beasiswa.

Bukan hanya itu saja, Pemkab Siak juga sudah melakukan kerja sama dengan sejumlah pesantren yang ada di pulau Jawa, serta mendirikan rumah tahfiz. ”Ini adalah azam dari kami berdua, bersama tokoh agama dan Kemenag untuk memajukan sumber daya manusia, dan membuat ribuan generasi muda berakhlak yang hafal Quran,” ujar wabup, dalam sambutannya.

Untuk itu dia berharap, para siswa dapat menjadikan Alquran sebagai pegangan hidup. Dan selalu dapat mendekatkan diri kepada Alquran. "Dengan itu kita berharap senantiasa mendapat hidayah dalam mengarungi kehidupan. Kemudian suatu saat nanti, anak-anak yang diwisuda hari ini dan sudah menghafal 30 juz, di Siak di masa depan dapat muncul ulama-ulama besar penafsir Quran," imbuhnya. ***

Kategori : Riau, Umum, Pemerintahan, Siak
wwwwww