PotretNews.com Selasa 11 Desember 2018
Home > Berita > Rohul

Yang Minat Siap-siap Ya, Rekrutmen Calon Anggota Panwas se-Riau Dimulai Agustus

Yang Minat Siap-siap Ya, Rekrutmen Calon Anggota Panwas se-Riau Dimulai Agustus

Ilustrasi.

Rabu, 03 Mei 2017 07:02 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau akan mulai melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota pada Agustus mendatang.Ketua Bawaslu Provinsi Riau Edy Syarifuddin menyatakan rekrutmen Calon Anggota Panwas khususnya Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan dimulai Agustus 2017.

Nantinya, Anggota Panwas yang terpilih, tidak hanya bertugas melakukan pengawasan pelaksanaan Pilgub Riau tahun 2018, tetapi tugasnya tetap berlanjut pada Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang.

”Insya Allah, pada bulan Agustus kita mulai tahapan Rekrutmen Panwaslu Rohul. Jadi dari sekarang kita diinformasikan secara luas kepada masyarakat, agar bisa mempersiapkan diri dari sekarang,’’ ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Riau Edy Syarifuddin seperti diberitakan jpnn.com yang dilansir potretnews.com.

Ads
Menurut dia, dalam perekrutan Panwaslu ini, pihaknya akan membentuk Tim Seleksi (Timsel). Tugas Timsel nantinya yang mengelola seluruh mekanisme Rekrutmen Panwaslu, baik itu membuka pendaftaran yang diumumkan resmi melalui media massa.

Selain memastikan kesiapan administrasi hingga menyelenggarakan tes tertulis dan tes wawancara kepada Calon Anggota Panwaslu Rohul.

”Setelah seluruh proses itu selesai, Timsel mengajukan 6 nama untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), jika masih menggunakan UU Nomor 15 Tahun 2011. Dari 6 nama itu akan kita pilih 3 orang yang lulus uji kelayakan,’’ jelasnya.

Setelah proses rekrutmen Panwaslu kabupaten selesai, lanjutnya, pada Desember mendatang, Panwaslu yang sudah terbentuk akan memulai pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 16 Kecamatan.

Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di setiap desa yang dimulai Januari 2018 mendatang.

Untuk itu, Edy mengimbau kepada putra-putri Kabupaten Rohul yang berminat untuk mencalonkan diri sebagai Anggota Panwas Kabupaten, jauh-jauh hari dari sekarang sudah memsiapkan diri untuk menyiapkan administrasi dan mengikuti seleksi.

Sehingga dengan harapan mereka nantinya dapat berkontribusi dalam menciptakan pemilu yang bersih, jujur dan adil di Kabupaten Rohul. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Rohul, Riau, Umum, Politik
wwwwww