PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018

Tiga Helikopter Disiapkan Antisipasi Bencana Kabut Asap Riau

Tiga Helikopter Disiapkan Antisipasi Bencana Kabut Asap Riau

Ilustrasi.

Selasa, 02 Mei 2017 08:31 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyatakan telah meminta bantuan pemerintah pusat untuk membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan Riau. Salah satunya adalah dengan meminta bantuan helikopter.Ini menyusul diperpanjang status Siaga Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau hingga 30 November 2017.

"Riau mengajukan penambahan tiga helikopter water bombing (Bom air) untuk penanggulangan kebakaran," kata Komandan Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, Marsekal Pertama Henri Alfiandi, Senin (1/5/2017).

Tiga helikopter yang diusulkan adalah jenis Sikorsky, Mi-171 dan Kamov. Ketiga heli tersebut berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dua unit. "Satu unit lagi bantuan dari Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan),"tandasnya.

Ads
Diajukan bantuan helikopter dan perpanjangan status siaga darurat asap karena prakiraan cuaca dari BMKG akan terjadi peralihan musim di Riau dan musim hujan ke kemarau pada pertengahan Bulan Mei ini.

"Sebentar lagi akan akan peralihan cuaca, jadi semua harus diantisipasi secara dini," ucap Komandan Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Sebelumnya Pemprov Riau menetapkan status siaga darurat pada 24 Januari itu berakhir pada 30 April 2017. Kemudian status tersebut diperpanjang hingga 30 November 2016. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww