PotretNews.com Senin 17 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Nama Aslinya Panjang, Gubernur Riau Bisa Dipanggil ”Andi Rachman”

Nama Aslinya Panjang, Gubernur Riau Bisa Dipanggil ”Andi Rachman”

Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman saat membagikan doorprize di Tembilahan.

Senin, 01 Mei 2017 07:16 WIB
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau (Gubri) Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA memang bukanlah sosok yang terkenal. Pribadinya yang low profile dan jarang diekspose, membuat namanya tak begitu populer di masyarakat.Selama ini, orang nomor satu di Negeri Lancang Kuning yang akrab disapa Andi Rachman itu lebih fokus bekerja saja. Bahkan di awal-awal jadi gubernur, ia jarang bertemu wartawan karena merasa sungkan hasil kerjanya diekspose media. Sangat berbeda tentunya dengan kebanyakan pejabat yang justru mencari-cari wartawan.

Asumsi tentang popularitas yang rendah makin nyata, ketika sebagai gubernur, Andi turun ke daerah-daerah menyapa rakyatnya. Malah mendiang bapaknya, Abdul Rachman Syafei atau yang lebih dikenal Rachman Kawe dan usahanya dengan bendera Sinar Riau, jauh lebih populer.

Ini misalnya terbukti saat Andi turun menyapa rakyatnya di Pasar Duri dan Pasar Dumai. "Ini anak Pak Rachman Kawe ya," kata seorang pedagang. "Ini pak gubernur anak Sinar Riau ya," kata pedagang yang lain.

Ads
Asumsi itu semakin ketara pada acara Zitizen Vaganza Goes to School 2017 di Lapangan Upacara Gajah Mada, Tembilahan, Indragiri Hilir, Minggu (30/04/2017) kemarin. Saat itu, Gubernur Andi hendak menyerahkan doorprize kepada seorang peserta.

Tapi sebelum doorprize diserahkan, Gubri mengajukan dua pertanyaan. Pertama, siapa nama Bupati Inhil? Pelajar setingkat SMA itu langsung menjawab dengan enteng. "Pak Wardan," jawabnya.

Kedua, siapa nama Gubri? Sang anak pun tiba-tiba terdiam tak bisa menjawab. "Pasti nggak tau kan," kata Gubri Andi melihat sang anak kesulitan menjawab.

Gubri Andi pun meminta sang anak melihat dan membaca foto serta nama Gubri yang terpampang besar di beberapa baliho, yang berdiri di sekitar lokasi. "H Arsyadjuliandi Rachman. Namanya panjang pak," sebut sang anak, yang disambut gelak tawa hadirin.

Beberapa orang dari rombongan Gubri pun ikut menyahut. "Panggil aja Pak Andi Rachman," ajaknya. ***

wwwwww