PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018

Gubernur Andi Rachman Ajak Serikat Pekerja di Riau Sejahterakan Buruh

Gubernur Andi Rachman Ajak Serikat Pekerja di Riau Sejahterakan Buruh

Ilustrasi.

Senin, 01 Mei 2017 12:27 WIB
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA mengajak serikat dan organisasi buruh setempat bekerja sama dengan pemerintah untuk menyejahterahkan pekerja sebagai apresiasi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 1 Mei."Ayo kita lanjutkan kerja sama tersebut demi mencapai kesejahteraan buruh sesuai dengan undang-undang yang berlaku," kata Andi Rachman, sapaan akrab gubernur, saat ditanya tanggapan atas peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei, di Tembilahan, Senin (1/5/2017).

Andi juga meminta kepada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Provinsi Riau untuk mengakomodir seluruh kepentingan buruh dalam peringatan Hari Buruh Internasional pada Senin, 1 Mei 2017 ini.

Menurut dia, seperti dilansir potretnews.com dari okezone.com, dinas mesti segera menampung aspirasi para buruh dalam sebuah regulasi. Namun mesti tetap berpijak pada regulasi yang di atasnya.

Ads
"Pemerintah akan memperhatikan menyangkut kesejahteraan kaum buruh di Riau, karena mereka masuk dalam elemen yang ikut andil dalam pembangunan negara," kata Andi lagi.

Berkaitan adanya PHK yang dilakukan beberapa perusahaan belakangan ini telah mengganggu, menurut Andi, Pemprov Riau akan melakukan pengecekan penyebabnya. Ia menilai berdasarkan laporan terjadi PHK itu karena perlambatan ekonomi.

"Katanya ada pengurangan harga, sehingga menurunkan aktivitas akhirnya berimbas pada penghentian kegiatan kontraktor dan tentu pegawai dikurangi atau dirumahkan sementara," ujar Andi.

Namun, menurutnya lagi, sesuai undang-undang semua sudah diatur tanggung jawab perusahaan. "Jadi perusahaan harus mengikuti UU itu, mereka juga tidak bisa berbuat seenaknya," kata Andi.

Ditegaskannya bahwa potensi konflik tidak akan terjadi kalau masing-masing pihak tahu kewajiban dan tanggung jawabnya. "Enggak ada yang konflik kalau masing-masing tahu," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Riau, Rasidin Siregar mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah serikat buruh, aparat kepolisian dan asosiasi pengusaha.

"Hasilnya, mereka sudah menyatakan bahwa kegiatan mereka pada hari buruh atau Mayday ini dengan melakukan kegiatan yang berlangsung dengan aman," ucap Rasidin. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Pemerintahan, Umum, Riau
Tour de Siak 2018
wwwwww