PotretNews.com Senin 20 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Bupati Siak Syamsuar Dapat Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta

Senin, 01 Mei 2017 05:22 WIB
bupati-siak-syamsuar-dapat-gelar-kehormatan-kanjeng-raden-tumenggung-dari-keraton-surakartaBupati Siak H Syamsuar memegang sertifikat sebagai Kanjeng Raden Tumenggung yang diberikan Keraton Surakarta.
SOLO, POTRETNEWS.com - Bupati Siak Provinsi Riau, Drs H Syamsuar MSi menerima gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Surakarta. Gelar itu diberikan saat peringatan Tinggalandem Jumenengan Sampeyan Ingkang Sunuwun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Pakoe Boewono XIII, Jumat (21/4/2017) malam.Dia menerima gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT). Pemberian gelar dilakukan langsung oleh Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII.

Syamsuar tak menyangka menerima gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT). Dengan gelar itu Bupati Siak resmi tercatat sebagai kerabat Keraton Surakarta Hadiningrat.

"Saya tidak menyangka mendapat gelar kehormatan ini. Atas nama diri pribadi dan sebagai kepala daerah, saya ucapkan terima kasih kepada Raja Kasunanan Surakarta Pakoe Boewono XIII yang telah menjadikan kami bagian dari keluarga besar keraton Solo," kata Syamsuar, Sabtu (22/4/2017).

Ads
Suami Hj Misnarti itu menuturkan, meski banyak perbedaan adat dan budaya dengan Siak, namun keanekaragaman tersebut patut dijaga dan dilestarikan. "Hal ini merupakan bagian keragaman bangsa Indonesia yang ber Bhineka Tunggal Ika," ucap Syamsuar.

Dengan pakaian kebesaran Datuk Setia Amanah, Syamsuar menghadiri upacara adat ulang tahun naik tahta atau Tingalan Dalem Jumenengan Raja Pakoe Boewono XIII. Tampak hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Tingalan Dalem Jumenengan Pakubuwono (PB) XIII menjadi momen penting bagi Raja Keraton Kasunanan Surakarta. ?Karenanya, PB XIII mengundang raja, sultan, datuk, penelingsir dan pemangku adat se-Nusantara, maupun raja dan sultan dari negara tetangga, serta para penerima gelar kehormatan lainnya.

Seorang staf keraton yang menolak namanya ditulis menyebut, pemberian gelar ini merupakan bentuk apresiasi keraton dan sekaligus memperingati Tinggalandem Jumenengan Pakoe Boewono (PB) XIII yang ketigabelas. Gelar kehormatan tersebut diberikan kepada abdi dalem, tokoh masyarakat, pengusaha, pejabat, dan tokoh-tokoh dari berbagai Negara.

”Khusus untuk Bupati Siak, pihak keraton menilai sosok Syamsuar atas dedikasi dan keberhasilannya terhadap membangun daerah, dan menjaga kerukunan antarsuku sehingga layak diberi gelar kehormatan tersebut,” bebernya.

Salah seorang tokoh masyarakat Jawa Riau, Rusdaryanto (Cak Rus), menyampaikan rasa terharunya, karena menurut dia, bupati dua periode itu cukup pantas mendapat gelar tersebut.

"Saya senang sekali Pak Syamsuar dapat gelar tersebut. Kita sebagai rakyat Siak tentu banggalah melihat pemimpin kita itu dihargai dan dihormati dari pihak keraton. Secara politis, Pak Syam ini adalah mantan rival saya. Tapi, sosok beliau bagus dalam memimpin Siak, makanya saya dukung," ucapnya.

Menurut dia, sosok Pak Syamsuar ini, adalah pemimpin dan pengayom antarsuku, golongan dan agama, dan ia selalu mendengarkan keluhan-keluhan dari masyarakat dan tanggap terhadap keluhan tersebut.

Ketua Pujakesuma Kabupaten Siak, Ngatmin, juga bangga mendapat informasi Bupati Syamsuar bisa dapat gelar tersebut. Dia mengharapkan bupati bisa mengajak warga keturunan Jawa di Siak agar lebih rukun dan lebih bermartabat. Selain itu, bisa mempererat hubungan antarsuku bangsa yang ada di daerah ini. (adv)

Berikut momen-momen pemberian gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung kepada Bupati Siak H Syamsuar dari Keraton Surakarta Hadiningrat:

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06062017/potretnewscom_tdg8b_908.jpg
Dengan pakaian kebesaran Datuk Setia Amanah, Bupati Siak Syamsuar menghadiri upacara adat ulang tahun naik tahta atau Tingalan Dalem Jumenengan Raja Pakoe Boewono XIII, sekaligus pemberian gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) kepada dirinya dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06062017/potretnewscom_gkpvp_909.jpg
Bupati Siak Syamsuar dan rombongan tengah menyimak pengarahan dari pihak Keraton Surakarta Hadiningrat.

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06062017/potretnewscom_ybsgg_910.jpg
Istri Bupati Siak, Hj Misnarti Syamsuar (paling kiri) mengikuti prosesi pemberian gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) kepada suaminya dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06062017/potretnewscom_vpv5n_911.jpg
Dipandu pihak keraton, Bupati Siak Syamsuar dengan semringah keluar dari ruangan khusus usai menerima gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06062017/potretnewscom_g8sgx_912.jpg
Bupati Siak Syamsuar (tengah) bersama pihak Keraton Surakarta Hadiningrat usai menerima gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/06062017/potretnewscom_xwg7s_913.jpg
Bupati Siak Syamsuar bersama sang istri Hj Misnarti, usai menerima gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Narasi:
Sahril Ramadana

Foto-foto:
Humas Setdakab Siak

Tour de Siak 2018
wwwwww