PotretNews.com Sabtu 15 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Beduk Ditabuh Wakil Bupati Inhil, Tanda STQ Tingkat Kelurahan Benteng Dimulai

Rabu, 26 April 2017 06:52 WIB
Advertorial
beduk-ditabuh-wakil-bupati-inhil-tanda-stq-tingkat-kelurahan-benteng-dimulaiWakil Bupati Inhil Rosman Malomo menabuh beduk tanda dimulainya STQ tingkat Kelurahan Benteng.
BENTENG, POTRETNEWS.com - Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau Rosman Malomo membuka kegiatan seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kelurahan Benteng Tahun 2017, Senin (25/4/2017) malam, yang dipusatkan di pendopo Kelurahan Benteng.Pada kegiatan keagamaan itu turut juga dihadiri oleh camat beserta upika kecamatan serta kepala desa se-Kecamatan Sungaibatang.

STQ yang dilaksanakan selama 3 hari (25 - 27 April 2017) diawali dengan pelepasan pawai taaruf pada Senin (24/4/2017) sore oleh Wakil Bupati H Rosman Malomo dengan diikuti 15 RT/RW se-Kelurahan Benteng dan diramaikan dengan 12 stan.

STQ tingkat Kelurahan Benteng Tahun 2017 kali ini diikuti oleh 105 orang peserta yang akan berkompetisi dalam tiga cabang yakni Fahmil, Syarhil dan Tilawah.

Ads
Dalam sambutannya, Wakil Bupati H Rosman Malomo saat membuka STQ tingkat Kelurahan Benteng Tahun 2017 mengatakan, salah satu program Kabupaten Inhil adalah menumbuhkan Program Magrib Mengaji dengan maksud mengisi waktu Magrib dengan mempelajari, membaca dan memahami Alquran bagi masyarakat Kabupaten Inhil.

Tujuan Magrib Mengaji adalah mempersiapkan generasi Qurani yang memahami tentang pokok-pokok ajaran Islam dan mengangkat buta aksara Alquran sehingga membentuk pribadi yang berakhlakul karimah yang memiliki karakter keagamaan yang kuat.

"Dan yang perlu diketahui bersama, Program Magrib Mengaji ini mengalami kekurangan salah satunya berupa honor guru mengaji tetapi hal ini sudah di atasi dengan melalui dana DMIJ," katanya.

Dia menambahkan, STQ yang dibuka pada malam ini adalah upaya untuk mendorong dan menyamangati masyarakat untuk terus mempelajari Alquran. Karena Alquran menurut umat Islam adalah hudallinnas atau petunjuk bagi umat manusia.

Alquran dalam arti harfiah berarti bacaaan sempurna merupakan karena sejak manusia mengenal tulis baca 5000 tahun yang lalu belum ada yang bisa menandingi Alquran. Tidak ada bacaan seperti Alquran yang dipelajari tidak hanya susunan redaksi dan pemilihan kosa katanya. Tetapi juga kandungan yang tersurat, tersirat bahkan sampai kepada kesan yang ditimbulkan semua dituangkan dalam jutaan jilid buku yang kesemuanya itu mengandung kebenaran dan Alquran layaknya sebuh permata yang memancarkan cahaya berbeda-beda sesui dengan sudut pandang masing-masing.

"Penyelenggeraan MTQ tingkat Kabupaten Inhil TH 2017 akan dilaksanakan di Pulau Kijang Kecematan Reteh. Untuk itu, STQ tingkat kelurahan ini adalah persiapan menuju STQ tingkat kecamatan dan kabupaten bahkan ke jejang yang lebih tinggi. Diharapkan memanfaatkan sarana ini untuk benar-benar menseleksi para qari dan qariah," ujarnya.

Pembukaan STQ tingkat Kelurahan Benteng Tahun 2017 ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wakil Bupati H Rosman Malomo diikuti camat dan upika kecamatan. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww