Kebakaran Lahan Pemkab Bengkalis di Jalan Batin Alam Gara-gara Puntung Rokok

Kebakaran Lahan Pemkab Bengkalis di Jalan Batin Alam Gara-gara Puntung Rokok

Ilustrasi.

Senin, 24 April 2017 11:18 WIB
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Tim gabungan dari pihak Kepolisian, TNI, Masyarakat Peduli Api serta pemadam kebakaran (Damkar) Bengkalis, Provinsi Riau terus berupaya memadamkan kebakaran yang menghabiskan puluhan hektar lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis Provinsi Riau.  "Saat ini bersama tim gabungan masih melakukan pemadaman, jika tidak dilakukan maka dikhawatirkan akan sampai ke pemukiman penduduk," kata Kapolsek Bengkalis, AKP Syafril Thalip yang juga ikut memadamkan api, Minggu (23/4/2017) malam, seperti dilansir potretnews.com dari Antara.

Dia mengatakan, api cepat merambat karena semak belukar yang kering dan mudah terbakar, terlebih lagi lahan kosong yang berlokasi di Jalan Batin Alam Desa Sungai Alam tersebut merupakan tanah gambut.

Sementara itu, kasi pemadam kebakaran Damkar Bengkalis, Muhamad Yunus menyebutkan, api sulit dipadamkan karena lokasi kebakaran yang lumayan jauh dari jalan, sehingga menggunakan selang dari jarak jauh.

Beruntung juga ada air di parit, jadi kita mudah mendapatkan air dikarenakan juga masih musim penghujan di sini, tim masih melakukan pemadaman, semoga malam ini hujan lebat sehingga kebakaran tidak cepat merambat, kata Yunus. Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini kebakaran sudah melebihi 20 hektar.

"Belum tahu sebab kebakaran ini, tapi jika dilihat dari mulanya terbakar ini kemungkinan besar orang yang sembarangan membuang puntung rokok, bisa jadi orang yang sedang berburu atau memancing," kata dia. Dia menjelaskan, dirinya sering melakukan pemantauan di daerah itu. "Saya sering memantau di sini, terkadang banyak orang memancing di daerah ini," katanya. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww