Home > Berita > Siak

Distribusikan Zakat Tahap I di Kecamatan Pusako, H Alfedri Imbau Warga Kabupaten Siak Salurkan Zakat Melalui Baznas

Distribusikan Zakat Tahap I di Kecamatan Pusako, H Alfedri Imbau Warga Kabupaten Siak Salurkan Zakat Melalui Baznas

H Alfedri salurkan zakat di Kecamatan Pusako. (foto: istimewa)

Minggu, 23 April 2017 14:25 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak distribusikan Zakat tahap I periode Januari-Maret 2017. Acara tersebut digelar di Kampung Perincit, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, Riau, Jumat kemarin (21/4/2017). Pendistribusian itu di serahkan langsung secara simbolis oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri, yang juga selaku Duta Zakat Kabupaten Siak, dan didampingi Ketua Baznas Siak H Abdul Rasyid Suharto.

H Alfedri mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Pusako, karena telah memberikan kepercayaan kepada pihak Baznas untuk menyalurkan zakatnya. Dalam kesempatan itu, dia juga memberikan selamat kepada masyarakat pusako, yang telah meraih peringkat 5 dari 14 kecamatan se-Kabupaten Siak dalam pengumpulan zakat.

"Untuk itu kita berharap, kepada warga Siak yang berpenghasilan lebih, baik dari hasil tani, hasil usaha maupun penghasilan lainnya, agar dapat menyalurkan zakatnya melaui Baznas atau UPZ yang ada. Dan, kita berharap, harta atau penghasilan yang kita zakatkan nantinya, dapat menjadi berkah dan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt sesuai dengan janjinya," ungkap H Alfedri, dalam sambutannya.

Dikatakannya, pemerintah daerah akan tetap memperhatikan dan mendukung program Baznas . Karena melalui Baznas  tersebut, dapat membantu para pakir dan miskin, serta dapat menghidupkan perekonomian para Muatahik yang mempunyai usaha.

Sejatinya, lanjut H Alfedri, dalam menyalurkan zakat, Baznas  Siak memiliki dua pola. Yang pertama pola produktif, artinya penyaluran yang diberikan kepada mustahik berupa modal usaha bagi yang memiliki usaha. Dan, pola yang kedua yaitu penyaluran secara konsumtif, artinya bantuan lansung berbentuk uang.

"Maka dari itu, marilah buka kesadaran kita terutama bagi yang memiliki harta dan penghasilan, agar dapat menyalurkan zakatnya melalui Baznas sebagai tabungan amal kita di akhirat kelak," ucapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Baznas Kabupaten Siak H Muhammad Rasyid Suharto menyampaikan, pendistribusian zakat tahap I di Kecamatan Pusako tersebut sebesar Rp.89.350.000, yang akan di salurkan kepada 85 orang mustahik. Dengan pembagian, 8 orang mustahik pola produktif dan 77 orang mustahik pola konsumtif. 

"Kita berharap kepada masyarakat Kecamatan Pusako, terutama para muzaki agar semakin banyak berzakat. Sehingga pengumpulan zakat di wilayah ini semakin bertambah nantinya. Agar lebih banyak lagi pakir miskin terbantu," ujar Rasyid.

Melalui penyaluran zakat tersebut, Lanjutnya, Baznas akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi angka kemiskinan di daerah Kabupaten Siak, khususnya di Kecamatan Pusako.

Turut Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Baznas Siak Bidang Pengumpulan H. Samparis, Wakil Ketua Bidang Pendistribusian Dadang Saputra, Wakil Ketua Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Sulaiman, Camat Pusako Andi Saputra, Ketua UPZ Kecamatan Pusako, Penghulu Kampung Perincit dan Pengurus UPZ Kecamatan Pusako. ***

Kategori : Siak, Riau, Umum
wwwwww