Menristek Dikti Sebut Riau Berpotensi Besar Jadi Produsen Energi Terbarukan

Menristek Dikti Sebut Riau Berpotensi Besar Jadi Produsen Energi Terbarukan

Ilustrasi/Limbah kelapa sawit.

Rabu, 19 April 2017 19:49 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir menyatakan Riau memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai produsen energi terbarukan.

"Menurut hasil riset dari setiap 4.000 hektar limbah sawit bisa menghasilkan energi 2-3 megawatt, dan Riau sebagai pengembang kelapa sawit terbesar sangat berpotensi," ungkapnya, dilansir potretnews.com dari antara via bisnis.com.

Dia menambahkan bila potensi ini bisa dikelola dengan baik, Riau tidak akan mengalami krisis energi, karena adanya energi yang terbarukan.

Selain itu, ia mengharapkan agar pembangunan ekonomi Riau tidak hanya berasal dari minyak sawit, tapi juga bisa dengan cara memanfaatkan limbah sawit.

"Limbah barang bisa jadi kebutuhan bagi peternakan, sedangkan limbah cairnya bisa kita olah menjadi gas metan untuk energi sehingga kita bisa bangun biodieselnya di sini," jelasnya.

Dia juga menyarankan Pemerintah Provinsi Riau untuk menyusun rencana pembangunan daerah dan sumber daya alam serta manusia dalam jangka panjang, serta jangka menengah untuk melihat pencapaian setiap lima tahun. Menurutnya ini merupakan salah satu cara untuk membangun Riau sesuai dengan target yang direncanakan.

"Potensi Riau yang sangat besar sebagai pengembang kelapa sawit terbesar di Indonesia harus diselaraskan dengan sumber daya manusianya," ujarnya.

Kedatangan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi ke Provinsi Riau bertujuan memberi seminar pembangunan nasional dengan tema Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Infrastruktur dalam Peningkatan Daya Saing, serta meninjau pembangunan Science Techno Park (STP) di Jalan Pasirputih Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. ***
Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Lingkungan, Umum, Riau
wwwwww