PotretNews.com Senin 17 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Balada SMAN 1 Rengat yang Digadang-gadangkan sebagai Sekolah Favorit di Indragiri Hulu tapi Ternyata Tak Mampu Ikuti UNBK

Balada SMAN 1 Rengat yang Digadang-gadangkan sebagai Sekolah Favorit di Indragiri Hulu tapi Ternyata Tak Mampu Ikuti UNBK

Ilustrasi.

Selasa, 11 April 2017 15:42 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Tak disangka dan tak diduga, ternyata SMA Negeri 1 Rengat yang selama ini digadang-gadangkan sebagai sekolah favorit di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, tidak sehebat dan sebagus yang dibayangkan semua orang, Selasa (11/4/2017).

Walau sudah meraih akreditasi A, namun banyak pihak yang mempertanyakan kridebilitas sekolah tersebut. Apa lagi, terkait ketidak mampuan pihak sekolah itu dalam melaksanakan Program UNBK (Ujian Berbasis Komputer) pada ujian nasional tahun ini.

Justru, sekolah swasta seperti SMA PGRI dan MA (Madrasah Aliah) YPAIR (Yayasan Pendidikan Agama Islam Rengat), ternyata lebih siap dan mampu mengikuti program UNBK tersebut. Hal itu tentunya sangat mencoreng nama baik daerah dan sekolah yang selama ini digembar-gemburkan sebagai sekolah yang berkualitas.  

Berdasarkan laman GoRiau.com yang dilansir potretnews.com, Kepala Sekolah SMAN 1 Rengat Dasril S MPd, mengakui bahwa sekolah yang dipimpinnya belum mampu untuk melaksanakan program UNBK pada UN Tahun Ajaran 2016/2017 ini.


Dasril menyebutkan, ketidaksiapan pihaknya dalam melaksanakan UNBK tersebut lantaran fasilitas perangkat komputer yang mereka miliki tidak cukup.
"Kita bukan tidak mau melaksanakan UNBK tersebut, namun fasilitas yang kita miliki sangat tidak memadahi. Dari 99 peserta ujian, perangkat komputer yang tersedia hanya 29 unit," tutur Dasril.

Atas alasan itulah, Dasril memilih untuk tidak melaksanakan UNBK tersebut. "Jika fasilitas tidak cukup, tidak mungkin kita paksakan. Kalaupun disewa atau membeli perangkat komputer baru, pakai dana dari mana, dan tidak mungkin juga kita bebankan pada orang tua atau wali murid," pungkas Dasril.

Sekadar diketahui, untuk Kabupaten Inhu, hanya ada 6 sekolah SMA sederajat yang melaksanakan UNBUK, dua di antaranya merupakan sekolah swasta. Sekolah tersebut yakni, SMAN 2 Rengat, SMAN 1 Lirik, SMAN 1 Pasirpenyu, SMAN 1 Peranap, SMA PGRI Rengat, dan MA YPAIR Rengat. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Ads
wwwwww