PotretNews.com Sabtu 22 September 2018
Home > Berita > Siak

Kampung Sialangsakti Juara umum MTQ XII Tingkat Kecamatan Dayun, Syamsuar Apresiasi Peningkatan Kualitas Qari/Qariahnya

Kampung Sialangsakti Juara umum MTQ XII Tingkat Kecamatan Dayun, Syamsuar Apresiasi Peningkatan Kualitas Qari/Qariahnya

Camat Dayun dan Penghulu Sialangsakti mengangkat piala juara umum MTQ XII Tingkat Kecamatan Dayun. (foto: istimewa)

Senin, 10 April 2017 12:32 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Bupati Siak Provinsi Riau H Syamsuar menutup perhelatan MTQ XII tingkat Kecamatan Dayun di halaman Masjid Baituttaqwa, Kampung Sialangsakti daerah setempat, Minggu (9/4/2017) malam.H Syamsuar mengaku senang bisa hadir berdua sekaligus dengan Wakil Bupati Alfedri. Dia juga mengapresiasi Kecamatan Dayun dalam percepatan peningkatan kualitas qari dan qariahnya. 

“Prestasi ini sangat luar biasa, kalau ada kemauan dan usaha, keinginan pak Camat Dayun sebagai juara umum di tingkat kabupaten nantinya bisa terwujud,” ujar Syamsuar, dalam sambutannya. 

Dijelaskan Syamsuar, tahun-tahun sebelumnya Kecamatan Dayun berada diurutan 12 MTQ tingkat kabupaten. Namun setelah kerja keras dari semua pihak, pada MTQ tingkat kabupaten di Kecamatan Sungaimandau tahun 2016 lalu, kecamatan tersebut bisa melejit ke peringkat 4 dari 14 kecamatan.

Ads
Pergelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dilaksankan sejatinya berfungsi untuk mengaplikasikan ajaran yang dikandung dalam kitab suci Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini adalah salah satu upaya kita untuk mensyiarkan Alquran di samping mencari yang terbaik untuk mewakili MTQ pada tingkat selanjutnya. Dengan syiar itu kita dituntut untuk mencintai Alquran, dengan cara menghafal dan memahami isi kandungan Alquran itu sendiri,” pinta bupati.

Syamsuar juga menyampaikan, pelaksanaan MTQ Kabupaten Siak tahun 2017 akan dilaksankan usai hari raya Idul Fitri, di Kecamatan Siak. Pada iven tahunan itu akan ada penambahan cabang-cabang yang baru.

Selain itu, Pemkab Siak juga telah mempersiapkan piala bupati untuk anak-anak pecinta Hadroh pada festival Hadroh tingkat Kabupaten Siak yang waktunya bersamaan dengan MTQ kabupaten.

Di tempat yang sama, Camat Dayun I Wayan Wiratama juga menyampaikan, MTQ tingkat Kecamatan Dayun berlangsung selama tiga hari diikuti 11 kampung se-Kecamatan Dayun, jumlah kafilah sebayak 350 orang. Sementara peserta pawai diikuti sebanyak 5000 orang.

"Saya berharap, agar masyarakat lebih meningkatkan ibadah dan syiar agamanya, melalui program yang telah diarahkan pemkab. Seperti, program Magrib Mengaji, program kampung binaan keluarga sakinah, PDTA, dan pondok pesantren," imbuh camat, Minggu malam. ***

Kategori : Siak, Riau, Umum, Pemerintahan
Tour de Siak 2018
wwwwww