PotretNews.com Minggu 18 November 2018
Home > Berita > Riau

Mimpi Puluhan Tahun Warga Suku Talang Mamak Akhirnya Terwujud Berkat Bantuan TNI AD Inhu

Mimpi Puluhan Tahun Warga Suku Talang Mamak Akhirnya Terwujud Berkat Bantuan TNI AD Inhu

TNI AD bangun jalan di wilayah Suku Talang Mamak. (foto: merdeka.com)

Minggu, 09 April 2017 08:37 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Mimpi warga suku Talang Mamak Desa Talangjerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Provinsi Riau, akhirnya terwujud. Mereka menantikan adanya pembangunan jalan agar mempermudah akses keluar dari dusun.

Ini setelah kehadiran TNI Angkatan Darat Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0302 Indragiri Hulu (Inhu). Mereka mewujudkan mimpi sejak puluhan tahun lalu.

Kegiatan TMMD ke-98 di Desa TalangJerinjing, membangun jalan baru sepanjang 1,8 km yang menghubungkan dusun 1 ke dusun IV, juga dianggap membuka isolasi warga suku Talang Mamak dari keterasingan.

"Sekitar 300 kepala keluarga warga suku Talang Mamak yang berada di dusun IV tidak akan merasa terasing lagi karena akses mereka keluar dari dusun sudah sangat mudah dengan adanya pembangunan jalan. Jadi, TMMD secara tidak langsung juga mengubah sebutan suku terasing bagi warga suku Talang Mamak," ujar Sekretaris Desa Talang Jerinjing Bustanul Arifin, Sabtu (8/4/2017), dilansir potretnews.com dari merdeka.com.

Menurut Bustanul, selama ini pemerintah kesulitan membuka akses jalan tersebut lantaran warga enggan menghibahkan tanah mereka. Namun, sejak satu tahun terakhir warga sudah menyadari pentingnya akses jalan sehingga mereka bersedia menghibahkan tanah, dan kemudian pembangunan terwujud ketika masuknya program TMMD ke 98 di Desa Talang Jerinjing.

"Selama ini anak - anak warga suku Talang Mamak di dusun IV harus menempuh perjalanan 10 KM sampai 15 KM untuk mendapatkan pendidikan di SDN 017 Suku Terasing, yang berada di jalan Sosial dusun 1. Namun, setelah masuk TMMD mereka akan menempuh perjalanan hanya dengan jarak 1,8 KM," ujarnya.

Kegiatan pembukaan jalan baru TMMD Kodim 0302 Inhu, ini juga akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat desa Talang Jerinjing. Hal ini sangat dirasakan para petani yang akan lebih mudah mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan mereka.

"Kami sangat bersyukur adanya kegiatan TMMD di Desa Talang Jerinjing. Kami juga berharap dengan dimulainya TMMD ini, perusahaan - perusahaan yang beroperasi di desa Talang Jerinjing hendaknya juga ikut berpartisipasi bersama membangun desa," ucap Bustanul.

Sementara itu, Komandan Kodim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi SE selaku Komandan Satgas TMMD Kodim 0302 Inhu ke 98 menyebutkan, selain membangun jalan baru sepanjang 1,8 KM, di Desa Talang Jerinjing juga dilakukan kegiatan TMMD membangun drainase. Pembangunan drainase ini akan dilakukan secara bersama - sama melibatkan prajurit TNI dan masyarakat.

"Kami bersama pemerintahan desa juga akan memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada masyarakat desa Talang Jerinjing termasuk warga suku Talang Mamak yang ada di desa tersebut. Program penyuluhan wawasan kebangsaan ini juga akan diselenggarakan di enam desa lainnya yang masuk dalam program TMMD Kodim 0302 Inhu," terang Letkol Mujib.

Untuk diketahui, pada TMMD ke 98 tahun 2017, ini Kodim 0302 Inhu melakukan kegiatan pembangunan fisik di tiga Kecamatan, yakni pembangunan jalan semenisasi dan drainase di Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat, pembangunan jalan semenisasi di Desa Tanahdatar, desa Sei Dawu.

"Selain itu juga di desa Redang dan desa Bukit Petaling, serta pembangunan jalan baru dan drainase di desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat. Selanjutnya, program TMMD juga melakukan kegiatan pembangunan jalan di desa Pasir Keranji Kecamatan Pasir Penyu," pungkasnya. ***

Editor:
Muh Amin

Ads
Kategori : Riau, Inhu, Umum, Peristiwa
wwwwww