PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Siak

Ketika Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo & Bupati Siak Syamsuar Turun Langsung Menanam Padi dan Jagung

Jum'at, 07 April 2017 02:53 WIB
Galeri Foto
ketika-panglima-tni-jenderal-gatot-nurmantyo-bupati-siak-syamsuar-turun-langsung-menanam-padi-danPanglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo didampingi Bupati Siak Syamsuar terlihat semangat menggunakan mesin tanam padi atau rice transplanter, pada penanaman padi dan jagung di Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, Rabu (5/4/2017).
SIAK, POTRETNEWS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tiba di Kabupaten Siak, Provinsi Riau sekira pukul 09.09 WIB. Dia beserta rombongan bertolak dari Pekanbaru menggunakan helikopter, mendarat di helipad depan Gedung DPRD Siak, Rabu (5/4/2017) pagi.Bersama rombongan, panglima menanam padi dan jagung secara simbolis di Kampung (Desa)/Kecamatan Bungaraya daerah setempat.

Kedatangan Panglima TNI disambut langsung Bupati Siak Syamsuar. Tampak juga hadir di lokasi mendaratnya helikopter, Kapolres Siak AKBP Restika PN SIK, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Inf Abdul Karim, Kajari Siak Zondri, Bupati Kabupaten Simalungun Provinsi Sumut JR Saragih, serta tamu undangan lainnya.

Panglima juga dipakaikan tanjak dan kain sarung khas Melayu oleh Ketua LAMR Siak Zulkifli sebagai tanda tamu kehormatan.

Dalam kunjungan ke Siak, Panglima TNI juga membawa Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI Jenderal Mulyono dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang diwakili Dirjen Holtikultura Bibit Sujono. Kemudian, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Ketua DPRD Riau Septina Primawati Rusli dan sejumlah pejabat dan tokoh Riau lainnya turut menyambut kedatangan orang nomor satu di institusi TNI.

Pukul 09.30 WIB, Panglima TNI Jenderal Gatot beserta rombongan tiba di lokasi acara di Kampung/Kecamatan Bungaraya yang disambut dengan kompang dan tari persembahan. Acara demi acara selesai dilakukan, yakni penaburan benih jagung dan padi menggunakan mesin hand tractor, Jenderal Gatot turun langsung menanam benih padi dan berlumpur bersama masyarakat. Dalam kesempatan itu, panglima juga memberikan bantuan asuransi kepada petani dan sejumlah siswa sekolah.

Hikmah Kedatangan Sang Panglima TNI
Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia Spudnik Sujono mengatakan, tahun 2017 ini, pihaknya akan memberikan bantuan kepada petani di Kabupaten Siak, Provinsi Riau berupa bibit padi dan jagung. Dengan adanya bantuan itu, nantinya dapat mengimbangi pencapaian yang dicanangkan kementerian tersebut.

"Untuk tahun 2016 lalu, kurang lebih sebesar 72,1 juta ton hasil panen padi di Indonesia. Dengan adanya bantuan ini, saya berharap, tahun 2017 pencapaian hasil panen padi dan jagung dapat lebih meningkat lagi," ujarnya, sebelum menanam padi dan jagung secara simbolis.

Bahkan bukan hanya itu saja. Dia juga mengaku, untuk menggagas pencapaian tersebut, Kementerian Pertanian juga akan mencanangkan lahan penanaman padi dan jagung seluas 5000 hektar di Siak. Hal itu dilakukan guna menanggulangi harga beras yang selama ini sangat memberatkan masyarakat.

Kasad TNI Jenderal Mulyono juga tidak menampik mengenai keberhasilan pemerintah Indonesia sebagai lembung padi di Asia selama dua tahun terakhir. Bahkan, hasil panen padi Indonesia sudah diekspor ke negara Myanmar.

"Dua tahun terakhir ini, kita sudah mengekspor hasil panen padi ke negara Myanmar ber ton-ton. Kita tidak mengimpor lagi. Ini menjadi bukti keberhasilan kita bersama," ungkap kasad. Dia tidak menampik, keberhasilan tersebut juga tidak datang dengan sendirinya tanpa ada kerjasama. Bahkan dia juga tidak lupa memuji sejumlah bintara pembina desa (babinsa) yang sangat berperan membantu perkembangan petani.

"Kita memang tidak bisa berdiri sendiri, kita harus bergotong royong. Semua intinya bertujuan untuk mewujudkan Indonesia dari swasembada pangan," imbuhnya.

Tahun 2017 ini Kabupaten Siak juga mendapat bantuan benih dari dana APBN Pusat berupa, berbisida, pupuk dan alat mesin pertanian. Adapun bantuan yang diperoleh Kabupaten Siak yang bersumber dari dana APBN yakni; benih padi sebanyak 21.375 kg dengan luas 855 hektar, benih jagung sebanyak 1.455 kg dengan luas 97 hektar, pengembangan desa pertanian organik seluas 20 hektar, unit pengelola pupuk organik 1 unit, pengembangan hazton (metode teknologi dalam budidaya tanaman padi) seluas 200 hektar, subsidi benih seluas 2.000 ha, mesin pemanenan padi (combine hervester) sedang 3 unit, combine hervester besar 5 unit.

Bukan hanya sampai situ saja. Kabupaten Siak juga kebagian "bingkisan" APBD dari Provinsi Riau. Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Riau mengalokasikan bantuan berupa pengembangan kawasan padi seluas 231 hektar bantuan berupa benih, pupuk dan herbisida, hand tractor rotari sebanyak 6 unit untuk Kabupaten Siak. (adv)

Berikut momen-momen kunjungan kunjungan kerja Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan rombongan ke Kabupaten Siak:

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07042017/potretnewscom_yph7g_813.jpg
Setibanya di Siak, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo langsung dipakaikan tanjak oleh Ketua LAM Kabupaten Siak Zulkifli.

Ads
https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07042017/potretnewscom_n4fgq_814.jpg
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beserta rombongan tiba di lokasi penanaman padi dan jagung di Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07042017/potretnewscom_nv3bj_815.jpg
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan bantuan kepada petani dan sejumlah siswa.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07042017/potretnewscom_yzwej_816.jpg
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mulai menanam padi didampingi Bupati Siak Syamsuar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07042017/potretnewscom_zpj8s_820.jpg
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Bupati Siak Syamsuar (tengah), Kasad Jenderal Mulyono  dan pejabat lainnya siap-siap melakukan penyemaian bibit jagung.
https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07042017/potretnewscom_nfguj_818.jpg
Bupati Siak Syamsuar mengacungkan jempol sebagai ekspresi kegembiraan suksesnya penanaman padi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07042017/potretnewscom_n4nq7_819.jpg
Bupati Siak Syamsuar memperlihatkan lukisan Raja Siak ke Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo disaksikan Kasad Jenderal Mulyono.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/07042017/potretnewscom_br2up_821.jpg
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (nomor 2 dari kanan), Bupati Siak Syamsuar (nomor 2 dari kiri), Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Kasad Jenderal Mulyono meninggalkan Istana Siak.

Narasi:
Sahril Ramadana

Foto-foto:
Humas Setdakab Siak

Tour de Siak 2018
wwwwww