PotretNews.com Senin 17 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Survei LSI: Achmad dan Lukman Edy Bakal Calon Gubernur yang Paling Disukai Warga Riau, Andi Rachman Terpopuler

Survei LSI: Achmad dan Lukman Edy Bakal Calon Gubernur yang Paling Disukai Warga Riau, Andi Rachman Terpopuler

Achmad.

Kamis, 06 April 2017 20:10 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) sudah melakukan survei pertama untuk Pilgubri 2018. Survey dilakukan maret lalu, ternyata dari hasil survei yang dilakukan mantan Bupati Rokan Hulu Achmad menjadi calon gubernur dengan paling tinggi diminati masyarakat Riau.Demikian disampaikan Peneliti LSI Adrian Sofa saat menjelaskan hasil survei pada acara seminar Meneropong Kepemimpinan Riau 2018 yang digelar Badan Kordinasi HMI Riau Kepri di Gedung LAM Riau.

"Ini baru survei pertama. Untuk di Riau rencananya Tidak hanya sekali minimal dua atau tiga kali,"ujar Adrian Sofa usai ekspose hasil surveinya yang juga dihadiri sejumlah perwakilan parpol dalam forum diskusi politik itu.

Seperti diberitakan tribunpekanbaru.com yang dilansir potretnews.com, metode survei yang dilakukan LSI sendiri merupakan metode multistage random sampling dengan responden 488 orang dengan cara wawancara responden pakai kuisoner dan Margin of error 4,8 persen. Pada survei dibuat 12 pertanyaan.

Dari hasil tersebut memang paling dominan masyarakat belum mengetahui calon yang akan maju. Ini terlihat dari hasil popularitas calon gubernur Riau belum sampai 5 persen.

Yang tertinggi melalui pertanyaan terbuka yang dilakukan jika hari ini memilih siapa yang dipilih baru Arsyadjuliandi (Andi) Rachman dan Achmad yang memiliki popularitas mencapai 4,1 persen disusul calon lainnya. Sedangkan yang belum memutuskan mencapai 66,8 persen. "Secara umum masyarakat belum menentukan calon gubernurvyang dipilihnya,"jelas Adrian Sofa.

Kemudian dalam pertanyaan kedua dibuat 10 nama muncul 4 nama teratas M Lukman Edy, Achmad, Andi Rachman dan Haris. Artinya 10 nama yang diajukan masuk di dalamnya Syamsuar, Jon erizal, Yopi Arianto, Rusli Effendi dan Septina masih punya peluang untuk menang.

"Untuk posisi wagub sendiri baik pertanyaan secara terbuka dan tertutup muncul dua nama tertinggi yakni Lukman Edy dan Achmad,"jelas Adrian.
Dalam tingkat pengenalan calon yang disurvey nama Andi Rachman tertinggi dengan pertanyaan pernah mendengar namanya dengan persentase jawab ya 63 persen. "Namun pada tingkat kesukaan terhadap calon, ternyata Nama Achmad tertinggi dipilih," katanya.

Namun pada pertanyaan selanjutnya saat ditanya mengenai kepuasan terhadap kinerja incumbent responden dominan menjawab cukup puas 39,0 persen kurang puas 38,3 persen tidak puas 6,2 persen dan sangat puas 4,1 persen.

"Tingkat keberhasilan Pemprov Riau juga masih rendah karena cukup berhasil 38,2 persen, kurang berhasil 43 persen tidak berhasil sama sekali 4,6 persen dan sangat berhasil 0,7," jelas Adrian.

Survei akan dilakukan kembali dua kali lagi ke depan menjelang pilkada, calon masih punya waktu untuk meningkatkan elektabilitas. "Masyarakat butuh pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah. Masyarakat butuh pemimpin yang merakyat dan jujur. Pemimpin bersih dari hukum," ujarnya. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Ads
Kategori : Riau, Umum, Politik
wwwwww