Home > Berita > Riau

Zulaikhah Wardan Doakan Ibu-ibu di Inhil Selalu Sehat agar Lahirkan Generasi Hebat

Zulaikhah Wardan Doakan Ibu-ibu di Inhil Selalu Sehat agar Lahirkan Generasi Hebat

Ketua PMI Kabupaten Indragiri Hilir Hj Zulaikhah Wardan (kanan) meninjau lokasi pemeriksaan kesehatan di Kantor Lurah Tembilahankota pada Selasa (4/4/2017).

Rabu, 05 April 2017 11:41 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Ketua PMI Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Hj Zulaikhah Wardan meninjau lokasi pemeriksaan kesehatan di Kantor Lurah Tembilahankota pada Selasa (4/4/2017). Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Tembilahankota yang bekerja sama dengan PMI Inhil dan TP PKK Kecamatan Tembilahan. Pemeriksaan kesehatan tersebut terbuka untuk masyarakat umum serta tidak dipungut biaya.

Saat melakukan peninjauan Ketua PMI Inhil didampingi oleh Camat Tembilahan, Lurah Tembilahankota, Ketua TP PKK Kecamatan Tembilahan beserta rombongan, dan para tenaga kesehatan.

Tujuan diadakannya pemeriksaan kesehatan tersebut adalah untuk mendeteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim dengan metode inspeksi visual asetat (IVA) juga pemeriksaan HIV/ AIDS.
Selain itu ada pula pemeriksaan kesehatan mengenai penyakit tidak menular seperti kolesterol, asam urat, diabetes melitus, dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 4-7 April 2017 pukul 08.00 WIB s/d 14.00 WIB.

Ketua PMI Inhil Hj Zulaikhah Wardan mengatakan bahwa kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2015 dengan sasaran adalah ibu-ibu usia subur. Karena kanker leher rahim yang dikenal juga dengan istilah kanker serviks ini obatnya sangat terbatas sehingga perempuan harus waspada dengan cara memeriksakan diri.

"Pemeriksaan ini gratis bagi masyarakat supaya mengetahui sejak dini, karena apabila mengetahui sejak dini maka masih bisa diobati atau dilakukan tindak lanjut berikutnya. Namun jika sudah menjadi kanker maka akan sulit untuk disembuhkan," katanya.

Wanita yang akrab dipanggi Ika ini mengimbau kepada seluruh masyarakat Inhil terutama pada pasangan usia subur agar betul-betul memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Kegiatan untuk mengetahui deteksi dini tentang kanker ini bisa dilakukan melalui IVA tes yang sangat murah namun ada juga dengan cara faksmir.

Namun, dengan cara faksmir itu akan memberatkan bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah dikarenakan biaya yang tidak murah. Ia berharap agar para ibu yang telah melakukan tes di Kantor Lurah Tembilahankota tersebut tidak terdeteksi mengidap kanker.

”Mudah-mudahan yang sudah melakukan tes di sini tidak positif terdeteksi adanya gejala kanker. Kemudian bagi yang positif diharapkan dapat menindaklanjuti pengobatan, kita akan kirim ke tingkat provinsi bahkan sampai di tingkat nasionl, kalau memang terindikasi kanker”, harapnya.

Ia juga menuturkan jika seluruh ibu-ibu khususnya pasangan usia subur sudah melakukan tes ini dan tidak terdeteksi adanya kanker serviks maka ibu-ibu yang diharapkan akan melahirkan putra putri yang cerdas dan sehat dapat diwujudkan.
”Karena ibu-ibu melahirkan generasi penerus bangsa, jadi ibu-ibu harus sehat. Jika ibu-ibu tidak sehat maka generasi yang akan dilahirkan juga adalah generasi yang tidak sehat. Tetapi jika ibunya sehat, maka insya Allah anaknya bakal jadi generasi hebat,” ujar dia.

Sedangkan Kepala UPT Puskesmas Tembilahankota, drg Wahyu Winda MSi pada awak media mengatakan, tes IVA merupakan salah satu upaya pemeriksaan awal yang diprioritaskan bagi perempuan Indonesia agar dapat dilakukan penanganan tepat dan cepat bila diketahui gejalanya.

Kanker serviks dikatakannya, dapat diobati jika ditangani sejak dini. Selama ini banyak kaum perempuan yang belum memahami masalah tersebut, dan baru memeriksakan diri ke dokter setelah serangannya mulai parah sehingga sulit ditangani.

Pada kesempatan tersebut, Wahyu Winda mengimbau kepada masyarakat khususnya wanita, untuk dapat menyebar luaskan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya deteksi dini kanker leher rahim dan mengajak masyarakat agar melakukan pemeriksaan di Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.

Sejak dibuka pemeriksaan kesehatan gratis ini pada pukul 08.00 WIB terlihat banyak ibu-ibu yang datang memeriksakan kesehatan dirinya. Untuk diketahui dalam kesempatan itu ketua PMI Inhil turut memeriksakan kesehatannya di posbindu penyakit tidak menular dan tes darah. ***

Kategori : Riau, Inhil, Umum
wwwwww