PotretNews.com Jum'at 17 Agustus 2018

Pengembangan Pelabuhan Samudera di Kuala Enok Inhil Tunggu Pembangunan Infrastruktur

Pengembangan Pelabuhan Samudera di Kuala Enok Inhil Tunggu Pembangunan Infrastruktur

Pelabuhak Kuala Enok di Indragiri Hilir.

Senin, 03 April 2017 11:58 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Pengembangan layanan jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Samudera, Kuala Enok, Kecamatan Tanahmerah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, masih menunggu penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan.



Hal itu disampaikan Manajer Bisnis dan Teknik PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Tembilahan, Zulkarnadi, Jumat (31/3/2017) lalu. Dikatakannya, akses ke pelabuhan samudera saat ini cenderung sulit dikarenakan sebahagian ruas jalan masih mengalami kerusakan.

"Kondisi existing (yang ada) saat ini jalan darat menuju pelabuahan Kuala Enok belum memadai sebagaimana mestinya,  karena belum dapat dilalui oleh kendaraan berat, sebagai akses keluar masuknya barang dari dan keluar pelabuhan. Jika jalan  menuju pelabuhan sudah bagus dan dapat dilalui oleh kendaraan berat untuk bertemunya transmoda,  transportasi dua jalur yakni darat dan laut akan dapat dilakukan," paparnya.

Zulkarnadi mengatakan, pihak PT Pelindo I akan bekerja sama dengan Pemerintah provinsi Riau untuk bersama-sama membangun Pelabuhan Samudera Kuala Enok,  yang akan di sepakati dalam perjanjian dan penandatangan nota kesepahaman (MoU) untuk kesepakatan bisnis pengelolaan pelabuhan.

"PT Pelindo I Cabang Tembilahan berjanji untuk lebih pro-aktif dalam mengembangkan Pelabuhan Samudera Kuala Enok,  karena hadirnya pelabuhan Kuala Enok merupakan kebutuhan bagi masyarakat sekitar dan Riau wilayah selatan pada umumnya," ucapnya.

Selain Pelabuhan Kuala Enok,  PT Pelindo I Cabang Tembilahan juga akan mengembangkan Pelabuhan di Kuala Cinaku Rengat, karena Pelabuhan Rengat masih merupakan kawasan dari Cabang Tembilahan, untuk tahun 2017 ini akan ada penambahan satu Dermaga Beaching dan penimbunan lahan untuk penumpukan di kawasan pelabuhan Rengat, agar mampu menambah kesiapan dermaga.

Pelindo 1 Cabang Tembilahan, dikatakan Zulkarnadi, berkomitmen untuk mengaktifkan kegiatan bisnis di Pelabuhan Tembilahan,  Pelabuhan Samudera dan Pelabuhan Kuala Cinaku Rengat. Oleh karena itu dibutuhkan kebersamaan antara PT Pelindo I (Persero) dengan pelaku bisnis di pelabuhan.

Terakhir, Zulkarnadi menyampaikan harapan Pelindo 1 Cabang Tembilahan, agar pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 71 Kilometer sebagai akses utama menuju Pelabuhan Samudera Kuala Enok dapat segera diselesaikan. Sehingga, pengembangan terhadap Pelabuhan Samudera dapat dilaksanakan. ***

Ads
loading...
Kategori : Pemerintahan, Umum, Inhil, Riau
Tour de Siak 2018
wwwwww