Pemkab Indragiri Hulu Senang Pemerintah Pusat Dirikan Sekolah Pilot di Bandara Japura Rengat

Pemkab Indragiri Hulu Senang Pemerintah Pusat Dirikan Sekolah Pilot di Bandara Japura Rengat

Wakil Bupati Indragiri Hulu Khairizal foto bersama gubernur, kapolda dan pejabat Kemenhub RI.

Kamis, 30 Maret 2017 22:56 WIB
Budiman
INDRAGIRI HULU, POTRETNEWS.com - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan RI Dr Wahyu Satrio Utomo, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, dan Kapolda Irjen Pol Zulkarnain, Rabu (29/3/2017) berkunjung ke Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Kedatangan para pejabat ini menghadiri pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Aviation Security (Avsec) Angkatan XV yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Unit Pelayanan Bandar Udara Japura.

Dengan menggunakan pesawat Piper Seneca V berkapasitas 6 penumpang yang dipiloti langsung oleh Ketua STPI Capt Novyanto Widadi dan Co-Pilot Capt Hariri Zulda, kedatangan gubernur dan rombongan disambut oleh Wakil Bupati Inhu H Khairizal didampingi Kepala Kantor Bandara Udara Japura serta beberapa pejabat di lingkungan pemkab setempat.

Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Dr Wahyu Satrio Utomo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Bandara Japura merupakan salah satu bandara yang telah memberikan kontribusi besar dalam membantu menghasilkan sumber daya manusia penerbangan yang andal, cakap dan profesional serta memiliki disiplin tinggi pada bidang tugasnya.

”Bagi Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan STPI sendiri, Bandara Japura sudah menjadi rumah kedua karena para taruna yang dititipkan di sini mendapatkan sarana untuk belajar dan berlatih dalam mencapai cita-citanya,” ujarnya.

Terkait dengan penyelenggaraan Diklat Basic Avsec ini, Utomo mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam rangka penguatan penyelenggaraan pelayanan penerbangan, khususnya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Penguatan ini menurutnya, merupakan upaya pengembangan kompetensi bagi insan Perhubungan yang sejalan dengan Program Nawacita Presiden Republik Indonesia yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah, meningkatkan kualitas kehidupan manusia indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan, serta melakukan renovasi karakter bangsa dengan mengedapankan aspek pendidikan kewarganegaraan.

Di akhir sambutannya, Utomo juga mengucapkan terima kasih Kepada Pemprov Riau dan Pemkab Inhu atas dukungan dan fasilitas untuk dapat berlatih di Bandara Japura.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubri Arsyadjuliandi Rachman mengatakan bahwa pada saat ini Provinsi Riau tengah berusaha memperkuat SDM di berbagai sektor. Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu menilai penyelenggaraan diklat ini akan menjadi modal penting khususnya bagi setiap unsur di lingkungan Perhubungan.

Oleh karena untuk itu, Gubri menyampaikan terima kasih kepada pihak Kementerian Perhubungan atas kepercayaan dengan telah menempatkan salah satu pendidikan STPI di Japura Kabupaten Inhu ini. Menurut gubernur, pemerintah sangat mendukung terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. ”Saya berharap, kegiatan diklat ini dapat terus dilaksanakan untuk ke depannya,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Inhu H Khairizal. Menurut dia, Pemkab Inhu juga sangat mendukung sekaligus berterima kasih pada pemerintah pusat (Kemenhub) atas kepercayaan kepada Bandara Japura selama ini yang ditunjuk menjadi unit sekolah penerbangan.

Wabup berharap, sebagai salah satu unit sekolah penerbangan, ke depannya di Bandar Udara Japura dapat membuka kelas pendidikan awal hingga tingkatan tertinggi sehingga akan semakin mempermudah akses bagi putra-putri Riau khususnya Kabupaten Inhu untuk menjadi bagian sebagai siswa penerbangan. ***

Kategori : Pemerintahan, Umum, Inhu, Riau
wwwwww