PotretNews.com Senin 24 September 2018
Home > Berita > Riau

STAI Auliaurrasyidin Gelar Sidang Senat Terbuka Wisuda 177 Mahasiswa, Bupati Inhil HM Wardan: Kami Selalu Memberi Dukungan

Senin, 27 Maret 2017 20:19 WIB
Advertorial
stai-auliaurrasyidin-gelar-sidang-senat-terbuka-wisuda-177-mahasiswa-bupati-inhil-hm-wardan-kamiBupati Indragiri Hilir HM Wardan menyerahkan penghargaan kepada wisudawan, disaksikan Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Sebanyak 177 orang wisudawan/ti mengikuti Sidang Senat Terbuka Wisuda XVI (enam belas) Program Sarjana Periode II (dua) Tahun Akademik 2016 / 2017 STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, Senin (27/3/2017).Dalam acara tersebut, hadir Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, Koordinator Kopertais Wilayah XII (dua belas) Riau - Kepri, Prof Dr H Munzir Hitami, M.A, Forkopimda Kabupaten Inhil, keluarga para wisudawan/ti, tokoh masyarakat, alim ulama, dan para tamu undangan lainnya.

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Auliaurrasyidin H Kursani SPdi, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi. Serta, juga mengucapkan selamat kepada Gubernur Riau atas penabalan gelar Datuk Setia Amanah.

Selain itu, H Kursani mengungkapkan, institusi STAI Auliaurrasyidin Tembilahan telah mendapatkan keputusan akreditasi berdasarkan surat keputusan yang diterbitkan oleh lembaga yang berwenang. STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, dikatakan H Kursani, pada tahun 2017 ini akan melaksanakan pembangunan beberapa sarana perkuliahan.

Ads
"Kami telah dapat membebaskan tanah untuk penambahan gedung perkuliahan sebanyak 4 ruangan. Dan beberapa rehabilitasi bangunan yang masuk kategori rusak berat, termasuk rehab gedung rektorat," ungkapnya.

Rehabilitasi gedung rektorat, diungkapkan H Kursani, dapat dilaksanakan menggunakan alokasi dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Inhil. Kursani mengungkapkan, pembangunan sarana berupa gedung perkuliahan tersebut, dapat dilaksanakan berkat dana iuran pembangunan dari mahasiswa baru dan bantuan Pemerintah Kabupaten Inhil.

"Tak hanya sarana gedung, tahun ini, insya Allah, kami juga akan mendirikan sarana penunjang lainnya, seperti bank mini syariah, koperasi syariah, poliklinik dan lain - lain," kata H Kursani.

Di samping itu, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, dilanjutkan H Kursani, juga memperoleh beasiswa Bidik Misi dari Kementerian Pendidikan Nasional untuk 15 orang mahasiswanya dibtahun 2017 ini.

"Menurut informasi yang diperoleh, tidak semua perguruan tinggi berbasis keagamaan di Riau yang mendapatkan beasiswa bidik misi ini. Tapi, STAI Auliaurrasyidin berhasil mendapatkannya. Kami berharap, tahun mendatang, kuota beasiswa bagi para mahasisaa kami dapat bertambah," pungkasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Inhil HM Wardan membenarkan, adanya bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil kepada STAI Auliaurrasyidin melalui APBD Kabupaten Inhil yang diperuntukkan bagi pembangunan gedung rektorat pada tahun 2017 ini sebesar Rp 500 juta.

"Kami (Pemkab Inhil, red) selalu memberikan support dan berupaya menunjang berjalannya proses perkuliahan di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.

Tidak lupa pula, dalam penyampaiannya, Wardan mengucapkan selamat dan sukses bagi para wisudawan/ti. Serta, berkata, agar para wisudawan/ti dapat termotivasi dalam mencapai cita - cita seusai menjadi seorang sarjana.

"Saya senang sekali dengan apa yang disampaikan oleh perwakilan wisudawan, yang berkemauan untuk menjaga nama baik almamater dan berkontribusi terhadap daerah setelah menjadi seorang sarjana. Serta, keinginan dan tekad yang besar untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi," katanya.

Wardan juga menyambut baik dan mengapresiasi atas acara wisuda yang diselenggarakan. Pasalnya, menurut Wardan, acara wisuda tersebut, memiliki arti penting dalam melahirkan kaum intelektual baru, tidak hanya bagi segenap civitas akademika STAI Auliaurrasyidin, melainkan juga bagi pihak lainnya.

"Ini suatu hal yang istimewa, tidak hanya bagi para civitas akademika dan wisudawan. Tapi, bagi kami selaku Pemerintah Daerah dan bagi seluruh pihak. Pasalnya, dalam acara ini banyak terlahir kaum intelektual baru yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi semua pihak," paparnya.

Selain itu, Wardan berharap, agar STAI Auliaurrasyidin dapat menjadi Perguruan Tinggi Agama Islam ternama, yang menjadi tujuan pendidikan, baik oleh masyarakat lokal Inhil dan Riau, maupun oleh masyarakat di luar Inhil dan Riau.

"Harapan ini didasarkan atas banyaknya lulusan STAI Auliaurrasyidin yang membuktikan kualitasnya. Tidak hanya dari segi ilmu pengetahuan yang dimiliki, melainkan juga dari segi akhlak," tukasnya.

Terakhir, harapan lainnya yang cukup penting, dikatakan Wardan, adalah agar lulusan STAI Auliaurrasyidin Tembilahan dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi Kabupaten Inhil, yakni ”Menjadikan Kabupaten Indragiri Hilir menjadi Kabupaten Maju, Bermarwah dan Bermartabat”.

"Jadi, tidak hanya menjadi Kabupaten yang maju. Tapi, juga menjadi Kabupaten yang bermarwah dan bermartabat," ujar Wardan.

Dalam sidang senat terbuka tersebut, Gubernur Riau berkesempatan menyampaikan Orasi Ilmiah tentang Arah Pendidikan Islam dalam Membangun Masyarakat Riau yang Agamis, Berbudaya, dan Berintegritas yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi. (adv/diskominfo/suf)

Tour de Siak 2018
wwwwww