PotretNews.com Jum'at 14 Desember 2018
Home > Berita > Siak

Punya Pahlawan Nasional yang Kesohor, tapi Kabupaten Siak Tak Miliki Taman Makam Pahlawan

Punya Pahlawan Nasional yang Kesohor, tapi Kabupaten Siak Tak Miliki Taman Makam Pahlawan

Ilustrasi/Foto Pahlawan nasional asal Kabupaten Siak Provinsi Riau, Sultan Syarif Kasim II.

Sabtu, 25 Maret 2017 11:33 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Sebagai daerah yang memiliki pahlawan nasional, yakni Sultan Syarif Kasim II, hingga kini Kabupaten Siak, Riau, belum punya taman makam pahlawan. Bahkan ada 11 makam pahlawan yang ikut berjuang merebut kemerdekaan, hingga kini makamnya masih berada di makam Kototinggi, pemakaman keluarga Kerajaan Siak.Kepala Dinas Sosial (Dissos) Siak Nurmansyah mengatakan, ia sangat menyadari hal tersebut. Sebab, tidak layak jika tidak dibuat taman makam pahlawan di kabupaten Siak. Apalagi Siak memiliki seorang pahlawan nasional.

"Sebenarnya kami sudah memulai, membangun taman makam pahlawan di Kampung Rempak, Kecamatan Siak. Baru 2 tahap, kita tak dapat anggaran lagi," kata dia, Jumat (24/3/2017), dilansir potretnews.com dari tribunpekanbaru.com.

Dia membandingkan dengan daerah lain, yang tidak memiliki pahlawan nasional, seperti Bengkalis dan Dumai, namun memiliki taman makam pahlawan. Sementara Siak juga mempunyai pahlawan pejuang dan mati dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, yang begitu banyak, namun tidak punya taman makam.

Ads
"11 makam pahlawan di makam Koto Tinggi itu ibaratnya masih numpang di pemakaman keluarga kerajaan," kata dia. Menurut dia, dibutuhkan anggaran sekira Rp 5 miliar lagi untuk dapat menyelesaikan pembangunan taman makam di Siak. Namun, setiap kali usulan itu masuk selalu dicoret oleh Bappeda Siak.

"Kita terus usulkan, mudah-mudahan tahun depan tidak dicoret lagi," kata dia. Taman makam pahlawan yang ia rencanakan, selain untuk makam pahlawan juga dapat dijadikan taman rekreasi bagi anak-anak Siak, sembari menziarahi pahlawannya. Sehingga perlu tamannya dibuat sedemikian layak dan bersih.

"Bisa mengajarkan anak-anak berkunjung untuk menghormati jasa pahlawan. Sekarang kita kan tak tahu di mana saja ada kuburan pahlawan. Dengan adanya makam itu nanti, mengajarkan kita punya data pasti tentang pahlawan di Siak ini," ujar dia. ***

Editor:
Muh Amin

Kategori : Siak, Riau, Umum, Pemerintahan
wwwwww