PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Proyek Palapa Ring Persatukan Kembali Riau dengan Kepulauan Riau

Proyek Palapa Ring Persatukan Kembali Riau dengan Kepulauan Riau

Skema Paket Barat. (foto: bp3ti via okezone.com)

Selasa, 21 Maret 2017 21:53 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com – Palapa Ring Paket Barat kini diupayakan untuk selesai pada akhir 2017. Dalam proyek tersebut, lima kota di kawasan Riau yang sama sekali belum pernah terhubung akan dihubungkan.Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Anang Achmad Latif menerangkan bahwa lima kota itu adalah Ranai di Natuna, Tarempa di Kepulauan Anambas, Daik Lingga di Kepulauan Lingga (Provinsi Kepulauan Riau), Tebingtinggi di Kepulauan Meranti, dan Bengkalis di Provinsi Riau.

Seperti bisa dilihat di peta, dilansir potretnews.com dari okezone.com, lima kota tersebut ditandai titik-titik berwarna biru. Enam kota lain di sekitarnya sudah ada jaringan yang dibangun operator sebelumnya. Enam kota itu akan menjadi wilayah interkoneksi dengan lima kota bertitik merah.

Mereka adalah Kota Dumai, Siak, Batam, Kepulauan Karimun, Jambi, dan Singkawang. Sebelumnya, pemerintah menargetkan paket barat akan selesai pada awal 2018. Namun, Menkominfo Rudiantara mengabarkan bahwa perkembangan dari proyek tersebut sudah selesai 60% sehingga bisa dikebut untuk diselesaikan segera.

Ads
Sekadar diketahui, Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Meranti, Bengkalis, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww