Home > Berita > Riau

Keren! Kabupaten Siak Bakal Olah Limbah Sawit Menjadi Energi Hijau

Keren! Kabupaten Siak Bakal Olah Limbah Sawit Menjadi Energi Hijau

Bupati Siak Syamsuar menjelaskan mengenai pemanfaatan limbah buah kelapa sawit menjadi energi hijau bagi perusahan pengolahan buah kelapa sawit yang beroperasi di daerah setempat. (istimewa)

Jum'at, 17 Maret 2017 22:12 WIB
Sahril Ramadana
SIAK,POTRETNEWS.com  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak Provinsi Riau, berencana menggaet sejumlah Perusahan Daerah Sarana Pembangunan Siak (PD SPS) untuk pemanfaatan limbah buah kelapa sawit menjadi energi hijau. Sebagai perusahan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), pemerintah daerah setempat akan bekerjasama dengan PT Biomass Energi Hijau.

Melalui mekanisme bisnis yang saling menguntungkan, PD SPS akan menjadi Supplier (seseorang/perusahaan yang secara kontinu menjual barang ke pada konsumen,red), secara tunggal akan mengolah limbah sawit, baik padat dan cair bagi setiap industri pengolahan buah kelapa sawit yang diprakarsai PT Biomass.

Kerjasama dibidang energi itu tak hanya semata berdampak positif bagi upaya pelestarian lingkungan hidup, namun Pemkab Siak juga melihat peluang kerjasama itu sebagai potensi meningkatkan perekonomian daerah. Untuk itu, Bupati Siak Syamsuar mengajak para direksi perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang beroperasi diwilayah Kabupaten Siak, untuk terlibat dalam kemitraan bisnis terebut.

“Kedua Perusahaan (PD SPS dan PT Biomass) sudah menandatangani MoU pada tanggal 8 Maret 2017 lalu,” kata Syamsuar dihadapan pelaku industri pabrik kelapa sawit, Kamis petang (16/3/2017) di ruang pertemuan Pucuk Rebung, Kantor Bupati Siak.

Dia juga mengajak, agar pihak perusahaan yang ada di daerah setempat dapat menyatukan komitmen terkait penanganan limbah sawit dan penyediaan bahan limbah sebagai bahan baku industri.

“Seperti yang kita ketahui, limbah cair maupun padat dari PKS punya nilai jual. Oleh karena itu saya mengajak semua PKS yang ada, agar menjual limbah industrinya kepada perusahaan daerah,” pinta Syamsuar.

Ia berharap, keberadaan Kawasan Industri Tanjung Buton yang dibangun di Kabupaten Siak, juga dapat segera di maksimalkan operasionalisasinya melalui kerja sama itu, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah. 

Dia juga mengaku sangat optimis, jika pabrik tersebut sudah berdiri, tentunya akan memberikan keuntungan bagi pemerintah daerah dan PKS, karena dari pengolahan limbah kelapa sawit tersebut akan menghasilkan dan berdampak pada pendapatan BUMD dan pemasukan daerah.

Di tempat yang sama, Direktur PD SPS Bob Novitriansyah menyampaikan, PT. Biomass Energi Hijau (BEH), akan segera membangun infrastruktur pabrik, serta pembangkit listrik tenaga biomass di Kawasan Industri Tanjung Buton Kabupaten Siak.

Dia mengatakan, selama ini PT Biomass dikenal sangat konsisten mengembangkan industri ramah lingkungan tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan limbah kelapa sawit yang banyak dihasilkan PKS di daerah Kabupaten Siak. 

“Hasil olahan limbah cair dari PKS tersebut, akan menjadi bahan baku untuk biodiesel, sabun, pupuk, serta sebagai bahan bakar boiler, yang berfungsi sebagai penggerak turbin pembangkit listrik,” ungkapnya. ****

wwwwww