Home > Berita > Riau

Wardan Minta Disdukpencapil Indragiri Hilir Buat Standarisasi Indikator Kemiskinan

Kamis, 16 Maret 2017 21:31 WIB
Advertorial
wardan-minta-disdukpencapil-indragiri-hilir-buat-standarisasi-indikator-kemiskinanBupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, HM Wardan (pakai rompi) meninjau aktivitas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) setempat, belum lama ini. (foto: dok)
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, HM Wardan, meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) melakukan standarisasi indikator kemiskinan sebagai acuan yang dapat digunakan secara umum. Hal ini dilakukan, mengingat sampai sejauh ini sering terjadi kesimpang-siuran menyangkut angka kemiskinan rill, khususnya di Kabupaten Inhil.

"Memang tidak dapat dipungkiri, indikator kemiskinan ada berbagai macam. Sehingga, penyimpulan terhadap angka kemiskinan pun menjadi variatif. Peran Disdukpencapil dalam pengumpulan data masyarakat miskin dengan indikator yang baku tentu menjadi sebuah keharusan untuk menghindari kesimpang-siuran" kata Wardan kepada awak media di sela kegiatan Forum Komunikasi Publik, Senin (13/3/2017) lalu.

Ihwal kesimpang-siuran ini, Wardan mencontohkan, antara data rilisan Badan Pusat Statistik Kabupaten Inhil dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Tembilahan terdapat perbedaan.

"Hal tersebut terjadi, karena terdapat indikator yang berbeda dari dua lembaga mengenai angka kemiskinan. Yang mana, BPS mengacu pada hasil survey di lapangan, sedangkan BPJS berpedoman pada jumlah peserta yang mendaftarkan diri sebagai Penerima Bantuan Iuran. Sehingga, angka kemiskinan membengkak," tandasnya.

Lebih lanjut, Wardan mengungkapkan, kasus membengkaknya angka kemiskinan seperti yang terjadi di BPJS Tembilahan, disebabkan oleh banyaknya masyarakat 'mengaku miskin' yang mendaftarkan diri sebagai Penerima Bantuan Iuran.

"Makanya, nanti dari Disdukpencapil, harus ada indikator - indikator yang tepat, indikator yang akurat dalam penghitungan angka kemiskinan, dalam estimasi masyarakat rentan miskin dan sebagainya," ujar Wardan. (adv/diskominfo/suf)

Kategori : Riau, Inhil, Umum, Pemerintahan
wwwwww