PotretNews.com Jum'at 17 Agustus 2018

Inilah Batumandi, Pulau Terumbu Karang Cantik di Kabupaten Rokan Hilir yang Ditetapkan sebagai Pulau Kecil Terluar Indonesia

Inilah Batumandi, Pulau Terumbu Karang Cantik di Kabupaten Rokan Hilir yang Ditetapkan sebagai Pulau Kecil Terluar Indonesia

Pulau Batu Mandi dari sudut lainnya (foto: unc.edu via detik.com)

Minggu, 12 Maret 2017 16:56 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya bermacam-macam pulau yang bisa dijadikan destinasi wisata. Batumandi misalnya, pulau terluar Indonesia ini memiliki terumbu karang yang cantik.Di antara jejeran pulau terluar di Indonesia, Pulau Batumandi adalah salah satunya. Pulau ini berada di tengah perairan Selat Malaka, tapi masih masuk ke dalam Kabupaten Rokan Hilir, Riau (Rohil).

Pulau ini, seperti dilansir potretnews.com dari detik.com, berupa batu hitam yang tidak terlalu tinggi. Di atas bebatuan tersebut dibangun sebuah rumah yang digunakan sebagai tempat berjaga. Pulau ini memang belum didaulat sebagai kawasan wisata. Dari kejauhan, pulau ini terlihat kurang menarik. Akan tetapi, cobalah untuk menyelami laut di sekitarnya. Terumbu karang yang cantik pasti akan menghipnotis Anda.

Batumandi memiliki air yang jernih. Ombaknya pun terbilang cukup aman untuk para wisatawan. Lokasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi menyelam.
Terumbu karang yang ada di Pulau Batumandi memiliki jenis yang beragam. Namun, yang paling dominan adalah karang keras, yaitu sekitar 57 persen. Sisanya adalah karang mati dan karang lunak. Karang tersebut menjadi rumah bagi ratusan ikan hias yang ada di sana.

Ads
Selain ikan-ikan hias yang cantik, Batumandi juga memiliki jenis ikan yang lainnya. Bagi Anda yang juga hobi memancing, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan melempar kail demi mendapatkan ikan tuna, tenggiri, cangkalang, kembung, kerapu, dan kakap.

Jika beruntung, Anda juga bisa bertemu dengan penyu yang sedang bertelur di pulau ini. Pada bagian tertentu, Pulau Batumandi juga memiliki pasir putih yang sangat halus. Ini adalah tempat favorit para penyu untuk menyimpan telurnya. Banyaknya penyu yang singgah ke pulau ini membuat penjaga pulau membuatkan penangkaran di sini.

Untuk bisa menjangkaunya, perjalanan dimulai dari Pekanbaru menuju Rokan Hilir dengan kendaraan roda empat. Perjalanan selama kurang lebih 2 jam tersebut dilanjutkan menuju Kecamatan Panipahan selama 30 menit. Dari sini, perjalanan dilanjutkan selama 2 jam dengan menyewa kapal motor.
Dilansir potretnews.com dari wikipedia.org, Pulau Batumandi terletak di wilayah administratif Rokan Hilir. Regulasi ada di Titik Dasar No. TD 185 dan Titik Referensi No. TR 185. Pulau Batu Mandi adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Melaka dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Batumandi ini merupakan bagian dari wilayah Provinsi Riau. Pulau ini berada di sebelah utara 52 mil laut dari kota Bagansiapiapi dengan koordinat 2° 53′ 11″ LU, 100° 34′ 36″ BT.

Pulau Batu Mandi merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Arwah yang terdiri dari sembilan pulau-pulau kecil. Pulau ini berupa batu hitam yang tidak terlalu tinggi yang diatasnya didirikan bangunan rumah untuk tempat berjaga. Kondisi perairan Pulau Batumandi juga termasuk jernih dengan ombak yang sedang. Hal ini karena angin yang bertiup kencang dari Barat tidak ada penghalang sampai ke pulau ini. Arus di daerah perairan pulau ini berasal dari selat malakayang bergerak ke arah Timur tanpa pembelokkan yang berarti, dengan kecepatan arus sekitar 0,69 m/detik. Kedalaman pantainya berada pada kisaran 11-37 meter. Pulau ini tidak berpenghuni dan tidak layak untuk ditempati.

Terumbu Karang Pulau Batumandi memiliki berbagai jenis terumbu karang dengan presentase penutupan yang rendah yaitu sekitar 29,34%. Jenis terumbu karang yang dominan berupa karang keras (hard coral) yaitu sebanyak 57,2%,jenis lainnya yaitu karang mati (dead coral) 22,3% dan karang lunak (soft coral) 31,5%. Perikanan Perairan Pulau Batumandi memiliki kekayaan hayati yang melimpah antara lain ikan hias, tuna, tenggiri, cakalang, kembung, kerapu, kakap dan teri.

Pulau Batumandi dan Pulau Jemur serta pulau di sekitarnya mempunyai pemandangan yang indah dan masih alami dengan pantai berpasir putih dan laut yang biru dan merupakan cagar satwa langka dan tempat penangkaran penyu. ***

Editor:
Farid Mansyur

loading...
Tour de Siak 2018
wwwwww