PotretNews.com Rabu 23 Januari 2019
Home > Berita > Riau

Polda Riau Bekuk Pelaku yang Meluluhlantakkan Cagar Biosfer Giam Siakkecil-Bukitbatu Kabupaten Bengkalis

Polda Riau Bekuk Pelaku yang Meluluhlantakkan Cagar Biosfer Giam Siakkecil-Bukitbatu Kabupaten Bengkalis

Ilustrasi/Kayu ilegal yang diduga dirambah Cagar Biosfer Giam Siakkecil-Bukitbatu di Kabupaten Bengkalis. (foto: dok. polda riau via detikcom)

Selasa, 28 Februari 2017 09:40 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Cagar Biosfer Giam Siakkecil-Bukitbatu di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau luluh lantak dijarah. Dalam kasus ini satu pelaku berhasil ditangkap pihak Polda Riau."Satu pelaku sudah kita amankan. Kita lagi mendalami kasus ini, untuk dikembangkan lebih lanjut siapa saja yang terlibat dalam perambahan hutan," kata Kapolda Riau Irjen Zulkarnain kepada wartawan di Mapolda Riau, Senin (27/2/2017) malam, dilansir potretnews.com dari detikcom.

Kapolda Riau mengungkapkan hal itu setelah siang hari bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) turun ke lapangan langsung. Dengan menggunakan helikopter, tim mendarat di Cagar Biosfer. Di lokasi kawasan hutan dunia itu, kondisi di dalamnya sebagian sudah porak-poranda. Di sana ditemukan tumpukan kayu.

"Di lokasi kita menemukan satu orang pelaku illegal logging. Kini pelaku sudah diamankan di Polres Bengkalis," kata Zulkarnain. Menurut Zulkarnain, selain satu pelaku, pihaknya juga mencurigai adanya oknum perangkat desa yang turut terlibat dalam perambahan di Cagar Biosfer.

"Ini yang masih kita mendalami kasus Cagar Biosfer. HP milik pelaku juga kita periksa, untuk mengetahui siapa saja yang order dan terlibat dalam pembalakan liar tersebut," kata Zulkarnain.

Selain kesal terhadap para perambah, secara internel, Zulkarnain juga meminta jajarannya untuk mengungkap kasus perambahan tersebut. Ia meminta agar cukong di balik kasus tersebut segera diungkap. "Saya beri waktu satu atau dua minggu mendatang, Polres (Bengkalis) maupun Krimsus untuk menangkap cukongnya," kata Zulkarnain.

Apa bila dalam rentang waktu tersebut tidak berhasil menangkap, menurutnya, patut dicurigai adanya keterlibatan oknum pejabat. Bila ada jajarannya yang terlibat, akan diproses. Saya akan evaluasi kinerja anggota terkait Cagar Biosfer. Kasus ini harus terungkap," tegasnya. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww