PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Dua Provinsi Ini Masih Pengaruhi Pasokan Beras Pekanbaru

Dua Provinsi Ini Masih Pengaruhi Pasokan Beras Pekanbaru

Ilustrasi/Petani bekerja di sawah.

Minggu, 26 Februari 2017 13:11 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Ketersediaan bahan pangan, seperti beras di Kota Pekanbaru, Riau masih sangat dipengaruhi oleh dua provinsi yakni Sumatera Barat dan Sumatera Utara.Kendati demikian, untuk saat ini kebutuhan itu sudah mencukupi dan tidak berpengaruh terhadap harganya di pasaran. Adanya kekhawatiran berkurangnya pasokan kebutuhan beras di Kota Pekanbaru, karena kota tersebut sedang mengalami musim hujan.

Kepala Bidang (Kabid) Ketersedian Pangan Kota Pekanbaru Mulyono mengatakan seperti diberitakan jawapos.com yang dilansir potretnews.com, kondisi Pekanbaru sejak beberapa hari ini mengalami musim hujan, tidak berpengaruh terhadap ketersedian kebutuhan pangan, seperti beras dan kebutuhan pokok lainnya.

Disebutkannya, terjadinya lonjakan harga apabila terjadi peningkatan permintaan, sedangkan ketersedian tidak mencukupi. Hal itu disebabkan oleh putusnya akses jalan dari Sumbar dan Sumut. Jika putusnya akses jalan dari dua itu, maka menyebabkan kurangnya pasokan beras.

Ads
"Kebutuhan pangan di Provinsi Riau khususnya di Kota Pekanbaru seperti beras untuk saat ini sudah mencukupi," ungkap Mulyono, Minggu (26/2/2017).

Selain dipengaruhi kondisi jalan, kondisi harga dan ketersediaan beras dipicu oleh kebutuhan di hari besar, seperti puasa atau lebaran. "Karena Riau, khususnya pekanbaru bukan kawasan produksi," ujarnya.

Untuk itu, ke depan Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru akan melakukan kerjasama-kerjasama dengan beberapa industri penghasil pangan seperti beras agar ke depannya pekanbaru tidak lagi terjadi kekurangan pangan, apalagi lonjakan harga. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww